PERAN ORANGTUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PROSTITUSI WANDAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Septi Fildzah Nadhifani, 1601414045 (2021) PERAN ORANGTUA DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN PROSTITUSI WANDAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601414045 - Septi Fildzah Nadhifani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran orangtua dalam melaksanakan pendidikan seks anak usia dini di lingkungan prostitusi wandan kecamatan kramat Kabupaten Tegal. Peneliti mendeskripsikan peran orangtua dalam melaksanakan pendidikan seks anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Subyek penelitian yang menjadi sumber data adalah orangtua yang tinggal di lingkungan prostitusi wandan dan memiliki anak usia 4-6 tahun. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini adalah peran orangtua terhadap pendidikan seks anak di lingkungan prostitusi adalah berperan cukup aktif. Berdasarkan hasil penelitian, orangtua di lingkungan prostitusi wandan melaksanakan pengenalan pendidikan seks kepada anaknya yaitu memperlakukakn anak sesuai dengan kodratnya dengan cara mengenalkan jenis kelamin, perbedaan jenis kelamin, pemberian pakaian dan mainan sesuai jenis kelamin. Mengajarkan anatomi tubuh dan norma seks dengan cara mengenalkan bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain dan juga mengajarkan anak untuk tidak menyentuh bagian tubuh temannya seperti dada, kemaluan serta pantat. Penanaman rasa malu juga dilakukan orangtua yaitu dengan mengajarkan untuk selalu berganti pakaian di tempat tertutup dan memeakai pakaian yang lengkap saat keluar rumah. Dalam hal ini orangtua telah melaksanakan perannya dalam pendidikan seks sederhana dalam kehidupan anak. Hal ini merupakan salah satu bentuk peran orangtua untuk mengenalkan anaknya mengenai pendidikan seks dan bertujuan agar dapat menghindarkan anak dari suatu penyimpangan seksual di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seks, Peran Orangtua, Anak Usia Dini,
Subjects: L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:08
Last Modified: 06 Jul 2022 03:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50062

Actions (login required)

View Item View Item