PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI LAJU REAKSI


Lutfiah Nur Hidayati, 4301417037 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MATERI LAJU REAKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417037 - Lutfiah Nur Hidayati.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis penting dilatihkan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah dan mudah beradaptasi pada kehidupan di masa depan. Tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik Indonesia masih rendah berdasarkan data Programme for International Student Assesment 2018. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat melatih berpikir kritis peserta didik. Di masa pandemi COVID-19, pembelajaran berjalan secara online salah satunya penggunaan LKPD elektronik yang dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. LKPD dapat dikombinasikan dengan model pembelajaran seperti pembelajaran berbasis masalah. Materi laju reaksi dipilih karena bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD elektronik berbasis masalah untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi kategori valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan desain penelitian ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan LKPD elektronik berbasis masalah untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada materi laju reaksi sangat valid berdasarkan validator ahli materi dan media berturut-turut dengan rerata skor 108 dan 152. LKPD elektronik juga dinyatakan praktis dalam uji coba skala kecil dengan skor rata-rata 62,3 dan sangat praktis dalam uji coba skala besar dengan skor rata-rata 66,3. LKPD elektronik berbasis masalah yang telah dibuat dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD Elektronik, Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:01
Last Modified: 06 Jul 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50061

Actions (login required)

View Item View Item