PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS ONLINE BERPENDEKATAN STREAM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN SISWA
Fathurohmah Taufiqi, 4201417011 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS ONLINE BERPENDEKATAN STREAM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Fisika merupakan salah satu ilmu dengan konsep dan rumus yang tidak dapat dipahami hanya dengan mengingat-ingat ataupun menghafal saja, namun juga memerlukan kemampuan penalaran. Diperlukan sebuah alat ukur untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa, salah satunya dengan menggunakan soal uraian berpendekatan STREAM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik alat evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM, menentukan kelayakan dan keefektivan instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM, dan menganalisis profil kemampuan penalaran siswa pada materi Fluida Dinamis yang terukur dengan instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development yang menghasilkan produk evaluasi berpendekatan STREAM. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Demak. Uji kelayakan dilakukan dengan memberikan angket kelayakan soal kepada ahli dan siswa. Uji keefektivan dilakukan dengan melihat kategori penalaran yang dihasilkan oleh evaluasi berpendekatan STREAM. Hasil uji kelayakan evaluasi berpendekatan STREAM menurut ahli adalah sebesar 92%, sehingga produk termasuk dalam kategori sangat layak. Evaluasi berpendekatan STREAM ini dapat mengkategorikan kemampuan penalaran siswa menjadi 4 kategori sehingga produk ini efektif digunakan. Hasil hipotesis menunjukkan Hipotesis H0 instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM yang dikembangkan tidak dapat mengukur kemampuan penalaran siswa ditolak, serta H1 yang berbunyi instrumen evaluasi berbasis online berpendekatan STREAM yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan penalaran siswa diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi berpendekatan STREAM yang dikembangkan merupakan sebuah alat ukur yang valid dan efektif dalam mengukur kemampuan penalaran siswa
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Online, Pendekatan STREAM, Fluida Dinamis, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 05 Jul 2022 07:35 |
Last Modified: | 05 Jul 2022 07:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50058 |
Actions (login required)
View Item |