PENGEMBANGAN PERMAINAN GASIK 2.0 (GAME FISIKA ASYIK) UNTUK MENUMBUHKAN KOMPETENSI ABAD 21 PADA SISWA SMP


Frilisa Dliyaul Haya, 0403515007 (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN GASIK 2.0 (GAME FISIKA ASYIK) UNTUK MENUMBUHKAN KOMPETENSI ABAD 21 PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0403515007 - Frilisa Dliyaul Haya.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berbentuk permainan yang mampu mendukung tercapainya pembelajaran abad 21. Media pembelajaran ini difokuskan untuk menumbuhkan kompetensi 4Cs di antaranya (1) berpikir kritis, (2) kreativitas dan inovasi, (3) komunikasi, dan (4) kolaborasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan model ADDIE, sedangkan bentuk desain untuk mengetahui peningkatan kompetensi abad 21 digunakan metode Eksperimen tipe Two-Group pre-test and post-test design. Penelitian pengembangan ini merupakan pengembangan permainan Gasik yang kedua. Gasik versi 2.0 mendapat penilaian oleh ahli pada aspek materi sebesar 83,68 % dengan kategori baik dan pada aspek media sebesar 87,61 % dengan kategori sangat baik. Nilai validitas isi V Aiken sebesar 0,82 dengan kategori tinggi, sehingga permainan Gasik 2.0 dapat dinyatakan sangat baik untuk diterapkan pada pembelajaran abad 21. Media yang telah divalidasi kemudian diterapkan pada 75 siswa SMP yang telah mendapatkan materi Kalor dan Perpindahannya. Data kompetensi abad 21 siswa diperoleh dari hasil pretes dan postes kemudian diperkuat dengan hasil observasi keterampilan saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan Gasik 2.0 mampu menumbuhkan kompetensi 4Cs pada aspek pengetahuan dan keterampilan dengan nilai peningkatan pada kategori rendah. Hal ini dimungkinkan karena keterbatasan waktu penerapan Gasik yang hanya dilakukan 1 kali pertemuan. Tenaga siswa cenderung terkuras untuk mengenali permainan, sehingga siswa menjadi kurang fokus dalam memecahkan masalah yang terdapat pada soal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, permainan Gasik, kompetensi abad 21, 4Cs
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:22
Last Modified: 05 Jul 2022 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50057

Actions (login required)

View Item View Item