PENGARUH KEMAMPUAN TEKNIK PERSONAL, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)MELALUI PENGALAMAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (StudiEmpiris pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Wilayah Semarang)


Dini Aprilia Dewi, 7101414311 (2021) PENGARUH KEMAMPUAN TEKNIK PERSONAL, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN PERSEPSI MANFAAT TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)MELALUI PENGALAMAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (StudiEmpiris pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak di Wilayah Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101414311 - Dini Aprilia Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pengguna SIA menunjukkan sistem informasi yang digunakan tersebut dapat dipercaya, menghasilkan informasi sesuai kebutuhan, mengandung sedikit kesalahan, dan mampu menghasilkan informasi yang tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemampuan teknik personal, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi manfaat terhadap kepuasan pengguna SIA melalui pengalaman kerja sebagai variabel moderasi studi empiris pada karyawan kantor pelayanan pajak di wilayah Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan berjumlah 240 karyawan yang terdiri dari 92 karyawan dari KPP Pratama Candisari, 73 karyawan di KPP Pratama Semarang Tengah Dua, dan 75 karyawan di KPP Pratama Semarang Selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah probability sampling menggunakan teknik sampling proporsional (proportional sampling) dengan perhitungan berdasarkan rumus Slovin sehingga jumlah sampel penelitian berjumlah 150 karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan teknik personal, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna SIA. Hasil penelitian lainnya yaitu pengalaman kerja secara signifikan mampu memoderasi pengaruh kemampuan teknik personal dan persepsi manfaat terhadap kepuasan pengguna SIA, namun pengalaman kerja tidak dapat memoderasi persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pengguna SIA. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan teknik personal memiliki pengaruh paling besar terhadap kepuasan pengguna SIA dan pengalaman kerja paling besar memoderasi pada pengaruh kemampuan teknik personal terhadap kepuasan pengguna SIA. Saran yang diberikan berkaitan dengan penelitian ini yaitu diharapkan setiap karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Wilayah Semarang memiliki kemampuan teknik personal dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan, dan memiliki pengalaman kerja yang luas akan memoderasi pengaruh kemampuan teknik personal terhadap kepuasan pengguna SIA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Teknik Personal, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Pengalaman Kerja, dan Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (SIA).
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:32
Last Modified: 05 Jul 2022 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50045

Actions (login required)

View Item View Item