Pengaruh NPL, Self Assessment GCG, ROA, dan CAR Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


HILDA VINA ANISA, 7211417102 (2021) Pengaruh NPL, Self Assessment GCG, ROA, dan CAR Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Bank Umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417102  Hilda Vina Anisa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli atau investor apabila perusahaan tersebut dijual (Husnan & Pudjiastuti, 1996). Nilai perusahaan dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi para investor sebelum memutuskan untuk melakukan investasi. Nilai perusahaan tercermin pada harga saham yang stabil dan meningkat. Nilai perusahaan pada penelitian ini diukur dengan Tobin’s Q.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta menganalisis pengaruh NPL, self assessment GCG, ROA, dan CAR terhadap nilai perusahaan. Populasi dari penelitian ini adalah bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian berjumlah 32 Bank Umum dengan 96 unit analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data sekunder, dimana peneliti mengambil data dari laporan tahunan perusahaan yang telah dipublikasikan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NPL berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel self assessment good corporate governance tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. ROA tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Saran dalam penelitian ini, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, oleh karena itu disarankan agar perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan nilai Capital Adequacy Ratio (CAR) agar nilai perusahaan dapat meningkat secara signifikan dan penelitian selanjutnya diharapkan agar menambahkan penggunaan variabel penelitian yang diduga menjadi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan agar diperoleh analisis yang lebih menyeluruh dan akurat dalam perhitungan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, NPL Self Assessment GCG, ROA, CAR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:26
Last Modified: 05 Jul 2022 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50042

Actions (login required)

View Item View Item