PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KOMITMEN PIMPINAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN DANA DESA (STUDI KASUS PADA SELURUH DESA KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN)


Husnul Khuluq, 7101417064 (2021) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, DAN KOMITMEN PIMPINAN TERHADAP KETEPATAN WAKTU PELAPORAN DANA DESA (STUDI KASUS PADA SELURUH DESA KECAMATAN SEKARAN KABUPATEN LAMONGAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101417064 - husnul khuluq.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Setiap desa wajib melaporkan keuangan dana desa sesuai dengan tepat waktunya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, setiap desa yang memperolah dana desa wajib melaporkan keuangan setiap 6 bulan sekali yang dilakukan oleh Bendahara Desa, namun banyak desa yang melaporkan tidak sesuai dengan waktunya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi sumber daya manusia dan komitmen pimpinan terhadap ketepatan waktu pelaporan dana desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Bendahara Desa dari 21 desa di Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah responden sebanyak 21 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda, uji simultan (uji F), uji pengaruh langsung (uji t) dan uji koefisien determinasi. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi sumber daya manusia dan komitmen pimpinan berada dalam kriteria tinggi, sedangkan ketepatan waktu pelaporan dana desa berada dalam kriteria tepat waktu. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa pemanfaatan teknologi informasi (PTI) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,032, kompetensi sumber daya manusia (KSDM) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,037 dan komitmen pimpinan (KP) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan koefisien determinasi secara parsial sebesar 0,492, 0,481 dan 0,810 dan secara simultan sebesar 0,562. Berdasarkan analisis, kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi sumber daya manusia dan komitmen pimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan dan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan dana desa. Peneliti menyarankan agar setiap pemerintah desa diberikan fasilitas-fasilitas penunjang pemanfaatan teknologi. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya diteliti faktor lain dalam ketepatan waktu pelaporan dana desa seperti pengendalian internal. Hal ini diupayakan agar pelaporan dana desa sesuai dengan waktunya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ketepatan waktu pelaporan dana desa; komitmen pimpinan; kompetensi sumber daya manusia; pemanfaatan teknologi informasi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:00
Last Modified: 05 Jul 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50041

Actions (login required)

View Item View Item