PENGEMBANGAN STUDENTS WORKSHEET ONLINE BERBASIS STREAM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK


Ullyatus Sa’adah, 4201417010 (2021) PENGEMBANGAN STUDENTS WORKSHEET ONLINE BERBASIS STREAM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417010 - Ullyatus Sa'adah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Students worksheet online berbasis STREAM (Science, Technology, Reliogion, Engineering, Arts, and Mathematics) untuk meningktakan kreativitas pada peserta didik . Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan dalam 5 tahap, yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Students worksheet ini divalidasi oleh guru fisika sebagai ahli materi dan ahli media dengan ketentuan merupakan guru inti, guru senior, maupun minimal telah menempuh studi S2, Setelah Students worksheet direvisi kemudian diujikan pada kelas XI MIPA 5 dan XI MIPA 7 di SMA Negeri 1 Demak untuk diidentifikasi kelayakannya. Data dianalisis dengan pendekatan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) Students worksheet online berbasis STREAM hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran fluida dinamis bagi peserta didik SMA kelas XI berdasarkan validasi dari ahli pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan memiliki hasil yang baik; 2) persentase peningkatan kreativitas peserta didik secara klasikal pada kelas XI MIPA 5 dengan N-gain 0,26 termasuk dalam kategori rendah dengan peningkatan individual sebesar 69% peningkatan rendah, 28% sedang, dan 3% tinggi. Sedangkan pada kelas XI MIPA 7 dengan N-gain 0,3 termasuk dalam kategori sedang dengan peningkatan individual sebesar 55% peningkatan rendah, 45% sedang. Berdasarkan hal ini maka Students worksheet yang dikembangkan kelayakannya baik dengan peningkatan yang dominan pada indikator keluwesan dan elaborasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Students worksheet, kreativitas, berpikir kreatif, STREAM, fluida dinamis
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:25
Last Modified: 05 Jul 2022 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50035

Actions (login required)

View Item View Item