PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS DARING UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN INKUIRI ILMIAH SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR


Maya Septian Yunita, 4201417076 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS DARING UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN INKUIRI ILMIAH SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417076 - Maya Septian Yunita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan Inkuiri Ilmiah adalah kemampuan untuk melakukan penemuan berdasarkan fakta atau fenomena yang ada melalui proses observasi berdasarkan pada tahapan-tahapan inkuiri. Berdasarkan studi literatur, penelitian yang membahas mengenai pengembangan instrumen keterampilan inkuiri ilmiah cenderung dipublikasikan pada jurnal internasional daripada jurnal nasional yang lebih cenderung membahas mengenai keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen berbasis daring untuk mengukur keterampilan inkuiri ilmiah siswa pada materi suhu dan kalor yang valid, reliabel dan praktis. Metode yang diterapkan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D) dengan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D. Uji coba penelitian dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Jakenan. Hasil uji validitas ahli oleh expert judgment. menunjukkan perolehan nilai rata-rata di atas 80% dengan kategori sangat valid. Uji coba skala luas pada 227 siswa untuk memperoleh validitas konstruk, reliabilitas dan kepraktisan instrumen. Uji validitas konstruk dengan analisis faktor konfirmatori berbantuan Software Lisrel 8.80 memperoleh 13 item dari 19 item soal yang dikembangkan dalam kategori valid dan mampu mewakili setiap konstruk teori keterampilan inkuiri ilmiah. Instrumen yang dikembangkan memiliki reliabilitas yang kuat yang ditunjukkan dengan perolehan skor 0,78. Instrumen dinilai praktis oleh siswa dengan skor 3,23 dari 4,00 dan dinilai sangat praktis oleh guru dengan skor 3,6 dari 4,00. Berdasarkan hasil uji tersebut, maka instrumen yang dikembangkan layak digunakan untuk mengukur keterampilan inkuiri ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan inkuiri ilmiah, instrumen daring, suhu dan kalor
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:03
Last Modified: 05 Jul 2022 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50032

Actions (login required)

View Item View Item