PENGARUH E-INSTRUCTIONAL LABORATORY BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA PRAKTIKUM HIDROLISIS GARAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS


Siti Ainun Hamidah, 4301417015 (2021) PENGARUH E-INSTRUCTIONAL LABORATORY BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA PRAKTIKUM HIDROLISIS GARAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417015 - Siti Ainun Hamidah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang kreatif dan mandiri. Kimia merupakan mata pelajaran yang terdiri atas serangkaian proses yang memerlukan Keterampilan Proses Sains. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang memiliki Keterampilan Proses Sains pada kategori rendah sehingga perlu pembelajaran yang mengarah pada terciptanya suasana kegiatan penyelidikan agar Keterampilan Proses Sains dapat muncul yaitu melalui praktikum. Proses pembelajaran praktikum membutuhkan panduan praktikum yang efisien dan memungkinkan siswa merancang praktikum secara mandiri yaitu dengan panduan praktikum elektronik (e-instructional laboratory) berbasis guided inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-instructional laboratory berbasis guided inquiry pada praktikum hidrolisis garam terhadap Keterampilan Proses Sains siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMAN 1 Bringin. Sampel penelitian ini terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang dipilih secara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data meliputi observasi menggunakan lembar observasi, tes menggunakan soal tes, dan dokumentasi menggunakan foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji pengaruh antarvariabel, uji koefisien determinasi, dan analisis profil Keterampilan Proses Sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji pengaruh antarvariabel yaitu sebesar 0,64 dan koefisien determinasi sebesar 41%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh e-instructional laboratory berbasis guided inquiry pada praktikum hidrolisis garam terhadap Keterampilan Proses Sains siswa sebesar 41% dengan kategori sedang. Profil Keterampilan Proses Sains siswa kelas eksperimen lebih unggul daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki 75% siswa dengan kategori sangat baik dan 25% siswa dengan kategori baik, sedangkan kelas kontrol memiliki 50% siswa dengan kategori sangat baik dan 50% siswa dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-instructional laboratory, guided inquiry, Keterampilan Proses Sains, praktikum.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:16
Last Modified: 05 Jul 2022 02:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50029

Actions (login required)

View Item View Item