Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi


Shafira Nurul Amalia, 4201416072 (2021) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Komunikasi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416072 - SHAFIRA NURUL AMALIA.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan model pembelajaran merupakan hal terpenting dalam menciptakan pembelajaran yang aktif. Upaya pemecahan masalah tersebut salah satunya dengan memilih model pembelajaran yang cukup ideal bagi siswa agar dapat berperan aktif selama proses belajar. Model pembelajaran yang tepat ketika proses pembelajaran khususnya pembelajaran abad ke-21 adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang mampu mewujudkan tujuan pendidikan pada abad-21, namun didalam penelitian ini terbatas pada dua prinsip, yaitu kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode True-experimental design. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Semarang. Pengujian kelayakan yang dilakukan dengan memberi angket kelayakan tersebut kepada ahli dan siswa. Hasil uji kelayakan soal uraian menurut ahli adalah sebesar 98% dan 96% sehingga soal termasuk dalam kriteria sangat layak. Hasil uji keefektifan, nilai signifikansi antara kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi siswa sebesar 0,148 dan 0,819. Terjadi perbedaan hasil belajar siswa dalam kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan komunikasi baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang sedang terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi siswa, dengan hasil uji N-Gain sebesar 59,04% dan 60,59%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemanasan Global, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Komunikasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:07
Last Modified: 05 Jul 2022 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50028

Actions (login required)

View Item View Item