ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL PARTIKEL UTS DAN UAS BUNPOU SHOKYU ZENHAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES


Fajar Ristanti, 2302414023 (2021) ANALISIS TINGKAT KESULITAN SOAL PARTIKEL UTS DAN UAS BUNPOU SHOKYU ZENHAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2302414023 - Fajar Ristanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Evaluasi merupakan suatu proses yang mengklasifikasikan keberhasilan dan kegagalan dalam belajar. Evaluasi dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan keefektifan pembelajaran. Tes adalah instrumen penilaian yang paling sering di gunakan untuk mengetahui pencapaian belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan soal partikel pada tes UTS dan UAS dalam mata kuliah Bunpou Shokyu Zenhan yang dikerjakan oleh mahasiswa semester 1 angkatan 2019/2020 prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi. Data dokumentasi yang digunakan adalah lembar butir soal dan lembar jawaban UTS dan UAS Bunpou Shokyu Zenhan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang semester satu tahun 2019/2020, Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di sampaikan kesimpulan bahwa butir soal yang masuk pada Indeks tingkat kesulitan yang dapat di toleransi antara 0,20-0,80 (Nurgiantoro,2010:195), untuk butir soal UTS Indeks yang masuk kategori ideal sejumlah 41%, dan untuk butir soal UAS Indeks yang masuk kategori ideal adalah 59%. Bagi butir soal yang masuk kategori ideal dapat digunakan kembali pada tes selanjutnya. Sedangkan untuk butir soal yang masuk kategori tidak ideal dapat di evaluasi kembali atau di ganti dengan soal sejenis, dan dicari faktor penyebab kenapa soal tersebut masuk kategori tidak ideal. Butir soal dapat dikaji kembali agar setiap soal yang di ujikan kepada mahasiswa dapat menggambarkan hasil belajar setiap mahasiswa secara apa adanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kesulitan, Soal, Partikel
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:57
Last Modified: 05 Jul 2022 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50027

Actions (login required)

View Item View Item