PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA LEGENDA BERMUATAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI KABUPATEN BANJARNEGARA UNTUK PESERTA DIDIK SMP


Meli Alfina, 2101417045 (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA LEGENDA BERMUATAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI KABUPATEN BANJARNEGARA UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417045 - Meli Alfina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menceritakan kembali cerita legenda daerah setempat masih memerlukan sumber belajar selain buku teks pelajaran terbitan Kemendikbud. Kurangnya sumber belajar membuat keterampilan peserta didik SMP dalam menceritakan kembali cerita legenda menjadi kurang maksimal. Selain itu, pembentukan karakter tanggung jawab juga dibutuhkan bagi peserta didik SMP agar dapat menjalankan kewajibannya sebagai pelajar. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah mengembangkan sumber belajar sebagai pendamping buku teks pelajaran, yakni buku pengayaan. Buku pengayaan yang dikembangkan diharapkan dapat menambah wawasan peserta didik terhadap materi menceritakan kembali cerita legenda daerah setempat. Selain itu, cerita legenda yang disajikan perlu memuat nilai karakter tanggung jawab. Tujuan penelitin ini antara lain: (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap buku pengayaan menceritakan kembali cerita legenda, (2) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan menceritakan kembali cerita legenda, (3) mendeskripsikan desain prototipe buku pengayaan menceritakan kembali cerita legenda, (4) mendeskripsikan penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menceritakan kembali cerita legenda, dan (5) mendeskripsikan perbaikan prototipe buku pengayaan menceritakan kembali cerita legenda berdasarkan penilaian ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dikembangkan oleh Sugiyono dengan melalui lima tahap penelitian, meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) perbaikan desain. Teknik pengumpulan data terdiri atas teknik wawancara, teknik angket kebutuhan, dan teknik angket uji validasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yakni memaparkan dan menyimpulkan. Produk pengembangan penelitian ini adalah buku pengayaan berjudul Terampil Menceritakan Kembali Certa Legenda Bermuatan Nilai Karakter Tanggung Jawab. Hasil penelitian meliputi (1) peserta didik dan pendidik membutuhkan buku pengayaan menceritakan kembali cerita legenda daerah setempat sesuai dengan kebenaran teori dari ahli dan simpulan penulis, desain menarik, dan bahasa yang mudah dipahami; (2) prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan pendidik, baik dari aspek materi, aspek penyajian, aspek keterbacaan dan kebahasaan, maupun aspek grafika; (3) prototipe produk yang dideskripsikan terdiri atas sampul buku pengayaan, bentuk buku

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menceritakan kembali cerita legenda, nilai karakter tanggung jawab.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jul 2022 01:37
Last Modified: 05 Jul 2022 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50025

Actions (login required)

View Item View Item