KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN BATANG


Dwi Hardiyanti, 1401416293 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD GUGUS AHMAD YANI KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416293 - Dwi Hardiyanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi ditemukan kurangnya model pembelajaran dalam menyampaikan materi keterampilan berbicara, sehingga berdampak terhadap hasil belajar kurang optimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang dengan jumlah sampel sebesar 105 siswa. Sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas kontrol SDN Kemiri 04 sejumlah 25 siswa dan kelas eksperimen SDN Kemiri 06 sejumlah 24 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi (Sugiyono, 2016:205-329). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas, dan uji homogenitas selanjutnya analisis data akhir menggunakan uji t-test dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya keefektifan yang positif menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token dengan meningkatnya keterampilan berbicara siswa kelas IV yaitu nilai thitung lebih besar dibandingkan ttabel (3,767 > 2,012). artinya H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada perbedaan ketrampilan berbicara antara pretest dan posttest dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token. Berdasarkan analisis diatas maka hasil posttest menunjukkan bahwa keterampilan berbicara antara kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Perbedaan tersebut disebabkan karena adanya perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe time token efektif terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Gugus Ahmad Yani Kabupaten Batang. Saran untuk penelitian ini yaitu guru perlu menerapkan model time token sebagai salah satu model pembelajaran inovatif terhadap keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahasa Indonesia; keterampilan berbicara; model kooperatif tipe time token
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:28
Last Modified: 04 Jul 2022 08:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50021

Actions (login required)

View Item View Item