NILAI HUMANISTIS PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMP TAMAN DEWASA JETIS-YOGYAKARTA


Sarah Sabrina Mukaddam, 0204518008 (2021) NILAI HUMANISTIS PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMP TAMAN DEWASA JETIS-YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 0204518008 - Sarah Sabrina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Manusia sebagai subjek pendidikan memiliki kodrat-kodrat alami yang perlu diperhatikan oleh pendidik, seperti kebutuhan alamiah, otonomi, kebebasan, keterbatasan, serta tanggung jawab. Oleh sebab itu, sistem pembelajaran seharusnya berupaya untuk memperlakukan manusia sesuai dengan kodratnya. Hal ini sejalan dengan pendidikan humanistik yang memandang manusia sebagai objek studi terpenting terutama pada sifat-sifat kemanusiaannya. Tokoh humanis Indonesia dalam bidang pendidikan salah satunya adalah Ki Hadjar Dewantara sebagai pendiri Taman Siswa. Dasar amatan ini merupakan landasan penelitian pendidikan humanistis pada pembelajaran seni rupa di SMP Taman Dewasa Jetis Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis masalah: (1) prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang diimplementasikan dalam pembelajaran seni rupa di SMP Taman Dewasa Jetis; (2) nilai humanistis pendidikan KHD yang tercermin dalam pembelajaran seni rupa di SMP Taman Dewasa Jetis; dan (3) hasil karya seni rupa peserta didik yang mencerminkan nilai-nilai humanstis. Penelitian ini menggunakan pendekatan interdesiplin dengan metode kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket (kuesioner). Pengabsahan hasil pengumpulan data diuji dengan teknik triangulasi data yang meliputi triangulasi sumber dan teknik. Proses analisis data kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Hubberman yang meliputi: (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan temuan penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat implementasi prinsip-prinsip pendidikan Ki Hadjar Dewantara pada pembelajaran seni rupa yang meliputi pengajaran nasional, budi pekerti, sistem among, asas patrap triloka, pendidikan pikiran, perasaan, dan kemauan, serta konsep niteni, niroke, nambahi. Kedua, terdapat cerminan nilai-nilai humanistis dalam pembelajaran seni rupa, antara lain: solidaritas, toleransi, kebebasan, penghargaan dan cinta, serta keadilan dan kesetaraan. Ketiga, karya ilustrasi siswa kelas VIII 2 SMP Taman Dewasa Jetis memiliki keunikan dan coraknya masing�masing. Sebagian besar unsur dan prinsip estetisnya berciri lugu dan sederhana. Beberapa siswa telah mencapai fase adolescence dengan keterampilan desain dan perspektif yang cukup baik. Tema besar ilustrasi yang ditugaskan guru mampu memancing perspektif dan wawasan siswa dan mewujudkannya dalam bentuk karya. Terbukanya wawasasan mampu menumbuhkan sensitivitas terhadap lingkungan sekitar sebagai bentuk pendidikan berasaskan kemanusiaan seperti yang dicita-citakan oleh Ki Hadjar Dewantara

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, humanistis, seni
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > interpersonal competence
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 08:15
Last Modified: 04 Jul 2022 08:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50020

Actions (login required)

View Item View Item