PEMANFAATAN MEDIA POP UP BOX DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP BHAKTI KUDUS


Maulina Rahma Dewi, 3601416006 (2021) PEMANFAATAN MEDIA POP UP BOX DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP BHAKTI KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3601416006 - Maulina Rahma Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk pemanfaatan media Pop Up Box dalam pembelajaran IPS di SMP Bhakti Kudus. (2) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam pemanfaatan media Pop Up Box didalam Proses pembelajaran IPS di SMP Bhakti Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data utama dan sumber data pendukung. Uji validitas dalam penelitian menggunakan triangulasi dan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Pemanfaatan media Pop Up Box di dalam pembelajaran IPS di SMP Bhakti Kudus dilaksanakan melalui tiga tahap. Tahap pertama, yaitu tahap perencanaan, dimana guru merencanakan RPP yang di dalamnya memanfaatkan media Pop Up Box. Tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan dimana guru menerapkan media Pop Up Box pada pembelajaran IPS. Penerapan tersebut melalui tiga tahap kegiatan, pertama kegiatan pendahuluan yang diawali dengan berdoa dan dilanjutkan apersepsi selanjutnya pada kegiatan inti guru menggunakan media Pop Up Box pada saat penyampaian materi dan terakhir kegiatan penutup guru menutup pembelajaran IPS dengan menyimpulkan materi pembelajaran. Pada tahap terakhir yaitu tahap evaluasi, dimana evaluasi berfokus pada tiga ranah. Dan setelah menggunakan media Pop Up Box terdapat peningkatan ranah kognitif, dan psikomotorik dibandingkan menggunakan media papan tulis. Pemanfaatan media Pop Up Box menemui beberapa faktor pendukung dan penghambat. Beberapa faktor pendukung antara lain: (1) Meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik (2) dapat diselingi metode ceramah dan diskusi serta menggunakan sumber belajar IPS yang menimbulkan interaksi antara guru dan peserta didik. (3) Mempermudah proses penyampaian materi pembelajaran. (4) Media yang dapat dilihat berkali-kali dan praktis menggunakannya. Sedangkan untuk faktor penghambat penggunaan media Pop Up Box ialah: (1) Keterbatasan fasilitas belajar sarana dan prasarana di sekolah. (2) Keterbatasan setiap kemampuan peserta didik dalam menerima materi. (3). Guru belum trampil dalam menggunakan media Pop Up Box merasa gugup dan bingung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pop Up Box, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > L Education (General) > learning style
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:43
Last Modified: 04 Jul 2022 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50017

Actions (login required)

View Item View Item