ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA FLAVONOID DARI DAUN JAMBLANG (Syzygium cumini L.) Skeel SEBAGAI ANTIOKSIDAN


Miracela Putri Jatmiko, 4311416021 (2021) ISOLASI, IDENTIFIKASI, DAN UJI AKTIVITAS SENYAWA FLAVONOID DARI DAUN JAMBLANG (Syzygium cumini L.) Skeel SEBAGAI ANTIOKSIDAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4311416021 - Miracela Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman jamblang (Syzygium cumini L.) Skeel merupakan tumbuhan yang berpotensi sebagai antioksidan alami. Tumbuhan jamblang mengandung senyawa kimia antara lain suatu alkaloid, flavonoid, resin, tanin, dan minyak atsiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi golongan senyawa flavonoid yang terkandung dalam isolat daun jamblang (Syzygium cumini L.) Skeel serta mengetahui aktivitas antioksidan daun jamblang (Syzygium cumini L.) Skeel dengan melihat persentase peredaman. Isolat daun jamblang diidentifikasi menggunakan spektrofotometer UV – Vis dan FTIR yang mengindikasikan mengandung senyawa flavonol. Penentuan aktivitas antioksidan pada ekstrak etanol, etil asetat dan isolat daun jamblang (Syzygium cumini L.) Skeel terhadap ABTS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: flavonoid, antioksidan, dan ekstrak daun jamblang
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:34
Last Modified: 04 Jul 2022 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50014

Actions (login required)

View Item View Item