PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DANA DESA UNTUK MENINGKATKAN PEMBANGUNAN FISIK DI DESA BULAKPAREN KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES


RIZKI JAYANTI MAULIDINA, 3312416066 (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMANFAATAN DANA DESA UNTUK MENINGKATKAN PEMBANGUNAN FISIK DI DESA BULAKPAREN KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416066 - rizki jayantima.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam memanfaatan dana desa memberikan dampak positif dan berkontribusi nyata untuk meningkatkan pembangunan fisik di Desa Bulakparen. Masyarakat di Desa Bulakparen selalu dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi terutama dalam pengambilan keputusan di setiap kegiatan musyawarah yang diadakan oleh desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan dana desa dalam meningkatkan pembangunan fisik serta faktor penghambat yang dihadapi di Desa Bulakaparen Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang beroperasi dalam empat tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Hasil dari penelitian ini menunjukkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan pembangunan fisik desa ditunjukkan dalam tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembangunan. Dalam aspek perencanaan masyarakat desa dilibatkan dalam musyawarah desa. Melalui musyawarah desa masyarakat dapat memberikan usulan terkait perencanaan pembangunan. Pada aspek pelaksanaan pembangunan, masyarakat desa dilibatkan sebagai tenaga kerja sekaligus mengawasi jalannya proses pembangunan. Dalam aspek evaluasi, masyarakat desa dapat menilai kegiatan pembangunan yang telah selesai dilaksanakan dan ikut serta memelihara hasil pembangunan. Adapun faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan dana desa untuk meningkatkan pembangunan fisik diantaranya adalah kurangnya pemahaman masyarakat desa terkait pemanfaatan dana desa yang menjadikan sikap masyarakat apatis dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan serta anggaran yang terbatas dan pencairan dana yang terlambat sehingga pemerintah desa menalangi dengan uang pribadi supaya pelaksanaan pembangunan tetap berjalan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa Bulakparen perlu melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat terkait peran penting partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan dana desa untuk meningkatkan pembangunan fisik desa, serta memperhatikan dan memberdayakan masyarakat desa untuk mengurangi tingkat pengangguran dan urbanisasi ke kota-kota besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Partisipasi Masyarakat, Dana Desa, Pembangunan Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community Culture
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 06:56
Last Modified: 04 Jul 2022 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50011

Actions (login required)

View Item View Item