INOVASI TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BATANG
Selmaningtyas Ulfahanida, 3301416053 (2021) INOVASI TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang selaku organisasi perangkat daerah pelaksana urusan pemerintahan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, berupaya melakukan perwujudan good governance melalui inovasi pelayanan jemput bola/dokumen dan pelayanan online. Pelayanan jemput bola yaitu pelayanan sistem stelsel aktif dan pelayanan online yaitu pelayanan dengan pemanfaatan teknologi dan jaringan internet. Berdasarkan ciri-ciri serta menerapkan prinsip-prinsip good governnace, kedua jenis inovasi tersebut mampu memberikan manfaat lebih baik kepada masyarakat sebagai wujud pembaruan dari pelayanan sebelumnya yang dilakukan secara manual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data penelitian adalah data primer berupa observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Data wawancara diperoleh dari beberapa informan yaitu: (1) Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Batang, (2) Kepala Desa Adinuso, (3) Masyarakat Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penentuan keabsahan data adalah triangulasi sumber. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1) inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang diterapkan oleh Disdukcapil Kabupaten Batang merupakan perwujudan kebutuhan serta keterbatasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sehingga inovasi tersebut mampu memberi kemudahan bagi masyarakat setempat. (2) pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan didukung oleh masyarakat, sistem aplikasi yang memadai, dan kerjasama yang baik antara beberapa pihak. Juga memiliki kendala yag berasal dari masyarakat, lokasi pelayanan, dan jaringan internet. Sehingga diperlukan sistem intraksi yang baik sebagai upaya menghadapi kendala tersebut. Saran yang dapat peneliti rekomendaskan yaitu (1) pemerintah berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang dan perangkat desa untuk mendukung pelaksanaan inovasi pelayanan dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Serta Disdukcapil Kabupaten Batang hendaknya mengoptimalkan adanya sosialisasi terkait pelayanan online yang belum begitu popular di kalangan masyarakat (2) Masyarakat hendaknya menghargai petugas Disdukcapil maupun perangkat desa dan mematuhi prosedur pelayanan yang telah ada serta untuk lebih peduli terhadap perubahan pelayanan dan turut berkontribusi melancarkan pelaksanaan inovasi pelayanan yang diadakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inovasi, good governance |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 04:32 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50006 |
Actions (login required)
View Item |