PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA PADA SEMANGAT KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG


Purna Setya Dewi, 7311416076 (2021) PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA PADA SEMANGAT KERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311416076 - Purna Setya Dewi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Semangat kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mendukung kinerja organisasi. Semangat mengacu pada perasaan puas dan semangat yang ditunjukan dengan keinginan untuk melanjutkan dan berusaha untuk mencapai tujuan organisasi. Adanya semangat kerja yang tinggi dapat membantu meningkatkan produktivitas organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi, kepuasan kerja, dan lingkungan kerja pada semangat kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung yang berjumlah 63 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis deskriptif presentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji koefisien determinasi menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim organisasi pada semangat kerja dengan nilai signifikansi (0,046<0,05) sehingga H1 diterima. Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepuasan kerja pada semangat kerja dengan nilai signifikansi (0,04 < 0,05) sehingga H2 diterima. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan pada semangat kerja dengan nilai signifikansi (0,032 < 0,05) sehingga H3 diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah iklim organisasi, kepuasan kerja, dan lingkungan kerja dapat meningkatkan semangat kerja. Saran dari penelitian ini yaitu meningkatkan semangat kerja dapat dilakukan dengan meningkatkan iklim organisasi seperti membantu memberikan arahan, mengadakan tamasya, dan makan bersama. Pihak sekolah juga perlu menambah fasilitas penunjang seperti menambah fentilasi udara, menambah tanaman hijau, menyediakan rak buku bagi guru, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, serta menyediakan jaringan internet yang memadai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja, Semangat Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:54
Last Modified: 04 Jul 2022 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50003

Actions (login required)

View Item View Item