RANCANG BANGUN BIOREAKTOR PADA PRA-RANCANG PABRIK BIOETANOL DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DENGAN PROSES SIMULTANEOUS SACCHARIFICATION AND FERMENTATION (SSF) KAPASITAS 41.800 kL/TAHUN


Noniek Yunita Alma Nabuasa, 5213416001 (2021) RANCANG BANGUN BIOREAKTOR PADA PRA-RANCANG PABRIK BIOETANOL DARI TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) DENGAN PROSES SIMULTANEOUS SACCHARIFICATION AND FERMENTATION (SSF) KAPASITAS 41.800 kL/TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5213416001 - Noniek Yunita Alma Nabuasa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (695kB) | Request a copy

Abstract

Bahan bakar minyak merupakan jenis bahan bakar yang memiliki sifat tidak ramah lingkungan dan tidak dapat diperbaharui. Oleh karena itu dibutuhkan adanya sumber energi alternatif dalam pemenuhan kebutuhan bahan bakar minyak, salah satunya adalah bahan bakar nabati (BBN) seperti bioetanol. Bioetanol merupakan senyawa etil alkohol yang diperoleh dari biomassa yang mengandung selulosa, dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar gasolin. Bioetanol yang dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar mempunyai grade sebesar 99,5- 100% volume. Salah satu bahan baku pembuatan bioetanol adalah tandan kosong kelapa sawit (TKKS) dengan kandungan selulosa 36,59%. Tandan kosong kelapa sawit adalah limbah yang dapat diperoleh dari industri minyak kelapa sawit. Adapun pembuatan bioetanol menggunakan proses Simultaneous Saccharification And Fermentation (SSF) dengan kapasitas 41.800 kL/Tahun. Simultaneous Saccharification and Fermentation (SSF) merupakan proses dimana hidrolisis selulosa menjadi glukosa dan fermentasi glukosa menjadi etanol dilakukan secara simultan pada satu tangki reaktor yang berpengaduk. Proses SSF dilakukan pada suhu 400C selama 48 jam, dengan bantuan enzim selulase dan enzim alfa-amylase yang berperan dalam proses hidrolisis serta proses fermentasi menggunakan ragi Saccharomyces cerevisiae. Untuk mencapai etanol dengan kualitas fuel grade melalui proses dehidrasi. Proses pembuatan bioetanol dengan proses SSF melalui tahap pretreatment, hidrolisis dan fermentasi, distilasi, dan dehidrasi. Proses pembuatan bioetanol menggunakan rancangan bio-reaktor yang memiliki volume 118,560 L, tinggi 40,177 ft, dan diameter 13,999 ft. Sedangkan desain pengaduk yaitu memiliki 2 impeler, diameter impeler 2,501 ft; jenis impeler six-pithed blade turbine 450 ; panjang agitator 52,129 ft; dan memiliki power 3 HP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bioetanol, TKKS, Simultaneous Saccharification And Fermentation, Bioreaktor
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:36
Last Modified: 04 Jul 2022 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50002

Actions (login required)

View Item View Item