ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2019


Rizki Yanuar, 3201414047 (2021) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201414047_Rizki Yanuar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi ini sangat penting dimiliki dan dikuasai oleh guru khususnya guru geografi dalam menjalankan tugas keprofesionalannya sebagai pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, (2) mengetahui faktor pendorong dan penghambat kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran geografi SMA Negeri di Kabupaten Pemalang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling untuk guru geografi dan stratified proportional random sampling untuk siswa. Teknik analisis data menggunanakn analisis deskriptif persentase. Variabel dalam peneilitian ini ialah kompetensi pedagogik guru geografi, kemudian terdapat sub variabel dalam penelitian ini yaitu 1) tingkat kompetensi pedagogik guru geografi dan 2) faktor pendorong dan penghambat kompetensi pedagogik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru geografi SMA Negeri di Kabupaten Pemalang secara keseluruhan berkriteria baik dengan skor rata-rata 113 (83,5%). Didukung respon siswa tentang kompetensi pedagogik guru geografi juga berkriteria baik dengan skor rata-rata 71,86 (79,85%) dan data hasil observasi kompetensi pedagogik guru geografi dalam pembelajaran yang berkriteria baik dengan skor rata-rata sebesar 25,2 (84,1%). Faktor pendukung kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran geografi yaitu pengawasan oleh kepala sekolah, program pengembangan kompetensi yang diikuti baik yang diadakan oleh pihak sekolah maupun pemerintah. Sedangkan faktor penghambat ialah kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran geografi, serta guru yang menemui kendala dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran. Saran dari peneliti yaitu guru geografi diharapkan lebih mengembangkan dan meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimilikinya, agar dapat menyelenggarakan kegiatan pembelajaran geografi yang efektif serta menarik bagi peserta didik. Sekolah diharapkan dapat meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran geografi, agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan siswa dapat memahami materi yang diberikan oleh guru. Pemerintah maupun pihak terkait diharapkan lebih sering mengadakan kegiatan atau workshop pengembangan kompetensi guru khususnya pedagogik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru agar guru dapat menyelenggarakan pembelajaran yang menarik, variatif, dan lebih efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pedagogik, Guru Geografi, Pembelajaran, Geografi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:22
Last Modified: 04 Jul 2022 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50001

Actions (login required)

View Item View Item