PENGARUH KETERBUKAAN DIRI PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN SEMARANG TENGAH


Shania Dea Menany Soputan, 1301417016 (2021) PENGARUH KETERBUKAAN DIRI PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN SEMARANG TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417016 - Shania Dea Menany Soputan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini kehidupan siswa yang dekat dengan media sosial diketahui telah mempengaruhi keadaan kesejahteraan psikologisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterbukaan diri siswa pada media sosial, tingkat kesejahteraan psikologis siswa dan pengaruh keterbukaan diri pada media sosial terhadap kesejahteraan psikologis siswa di kecamatan Semarang Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto dengan populasi penelitian berjumlah 2408 siswa SMA Negeri di Kecamatan Semarang Tengah. Selanjutnya dengan menggunakan teknik cluster proportionate stratified random sampling maka diperoleh sampel sejumlah 306 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Keterbukaan Diri dan Skala Kesejahteraan Psikologis. Skala Keterbukaan Diri yang terdiri dari 18 pernyataan diketahui valid dengan nilai koefisien validitas sebesar 0,125 hingga 0,644 dan reliabel (α = 0,777). Skala Kesejahteraan Psikologis yang terdiri dari 24 pernyataan diketahui valid dengan nilai koefisiensi validitas sebesar 0,225 hingga 0,524 dan reliabel (α = 0,759). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan diri siswa pada media sosial berada pada kategori sedang (M = 51,38, SD = 8,07) dan kesejahteraan psikologis siswa berada pada kategori sedang (M = 72,09, SD = 8,64). Kemudian, melalui uji regresi linier hierarkis diketahui bahwa terdapat pengaruh dari keterbukaan diri pada media sosial pada kesejahteraan psikologis siswa SMA se�Kecamatan Semarang Tengah pada = aspek tujuan (β = 0,196, t = 3,120, p < 0,01) serta aspek kejujuran/akurasi (β = 0,199, t = 3,557, p < 0,01). Berdasarkan hasil tersebut diharapkan dapat menjadi informasi dan acuan bagi guru BK dalam memberikan kebijakan, intervensi, dan dukungan pada siswa SMA untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa serta memberikan pemahaman terkait dengan tujuan dan kejujuran serta keakuratan informasi keterbukaan diri yang dilakukan pada media sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan psikologis, keterbukaan diri, media sosial, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:36
Last Modified: 04 Jul 2022 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49997

Actions (login required)

View Item View Item