PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK SMP


Siti Evita Rhama Dania, 4001416012 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416012 - Siti Evita Rhama Dania.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya Keterampilan Generik Sains (KGS) peserta didik disebabkan karena pemilihan model pembelajaran yang belum menunjang peserta didik untuk melakukan kegiatan yang mampu meningkatkan keterampilan generik sains. Selain itu perangkat pembelajaran yang digunakan juga kurang inovatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan dan keterbacaan perangkat pembelajaran model E-JAS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan peserta didik dan soal evaluasi pada materi pencemaran lingkungan kelas VII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tetapi dalam penelitian ini dibatasi hanya menggunakan 4 tahap pengembangan, yaitu: Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Hal ini dikarenakan kondisi dan keadaan pandemi covid-19 dimana pembelajaran dilakukan secara daring dan waktu pembelajaran yang lebih sedikit daripada sebelum pandemi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket keterbacaan untuk peserta didik dan guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu: Validasi silabus oleh ahli memperoleh persentase skor sebanyak 0.85 dengan kategori sangat layak. Validasi rencana pelaksanaan pembelajaran oleh ahli memperoleh persentase skor sebanyak 0.78 dengan kategori layak. Validasi lembar kerja pesserta didik oleh ahli memperoleh persentase skor sebanyak 0.85 dengan kategori sangat layak. Validasi alat evaluasi berupa soal tes pilihan ganda oleh ahli memperoleh persentase skor sebanyak 0.86 dengan kategori sangat layak. Keterbacaan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu sebesar 80% dengan kategori baik dan keterbacaan guru terhadap perangkat pembelajaran sebesar 83.4% dengan kategori sangat baik. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model E-JAS yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan persentase validasi rata-rata 83.77% dan keterbacaan rata-rata sebesar 81.7% sehingga sangat layak digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran model model E-JAS yang sudah dinyatakan layak menurut penilaian para ahli disarankan untuk dapat diimplementasikan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar, Keterampilan Generik Sains Peserta didik.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:19
Last Modified: 04 Jul 2022 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49993

Actions (login required)

View Item View Item