(ABSTRAK) SKRIPSI ANALISIS KINERJA MANAJEMEN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SWASTA SE-KABUPATEN KENDAL TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Bank Domestik Periode Tahun 2006)


Yuli Wulandari , 3301404118 (2009) (ABSTRAK) SKRIPSI ANALISIS KINERJA MANAJEMEN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SWASTA SE-KABUPATEN KENDAL TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada Bank Domestik Periode Tahun 2006). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) SKRIPSI ANALISIS KINERJA MANAJEMEN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SWASTA SE-KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF ((ABSTRAK) SKRIPSI ANALISIS KINERJA MANAJEMEN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) SWASTA SE-KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (127kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan perubahan secara terus menerus menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk manajemen berbasis sekolah (MBS) untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menjawab tantangan perubahan-perubahan jaman. Di sekolah swasta masih banyak dijumpai guru yang mengampu lebih dari satu mata pelajaran, input yang masih rendah, output yang belum mencapai 100%, sarana dan prasarana yang terbatas dan masalah sumber dana yang rendah menjadikan sekolah khususya kepala sekolah harus mampu mewujudkan mutu pendidikan dengan memadukan semua komponen-komponen manajemen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah kinerja manajemen SMA swasta se-Kabupaten Kendal? (2) Adakah perbedan kinerja manajemen sekolah antara sekolah akreditasi A, B dan C? Tujuan dari penelitian ini (1) Mengetahui bagaimanakah kinerja manajemen SMA swasta se-Kabupaten Kendal? (2) Mengetahui ada tidaknya perbedan kinerja manajemen sekolah antara sekolah akreditasi A, B dan C? Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMA swasta di Kabupaten Kendal yang berjumlah 14 sekolah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini antara lain kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum dan program pengajaran, tenaga kependidikan, kesiswaan, sarana prasarana, keuangan, hubungan masyarakat, dan layanan khusus. Alat pengumpul data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner (angket). Uji validitas menggunakan rumus product moment, dan reliabilitasnya menggunakan rumus alpha. Data-data yang telah terkumpul dianalisis menggunkan analisis data interpretasi skor dan uji anova. Hasil penelitian yang diperoleh adalah secara keseluruhan kinerja manajemen SMA dengan akreditasi A dan B tergolong dalam kategori sangat optimal atau sangat tinggi, sedangkan SMA dengan akreditasi C secara keseluruhan kinerja manajemennya tergolong dalam kategori optimal. Sekolah akreditasi A mempunyai kinerja manajemen yang lebih unggul daripada sekolah akreditasi B dan C. Sekolah swasta mempunyai kelemahan dan perbedaan pada tiap-tiap komponen manajemen sekolah, perbedaan yang mencolok terlihat pada aspek kesiswaan (input dan output). Dimana sekolah A lebih tinggi daripada B dan C. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu pelaksanaan manajemen di SMA secara keseluruhan sudah berjalan cukup baik. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak sekolah, sehingga dapat mewujudkan manajemen sekolah yang efektif dan efisien serta dapat meningkatkan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kinerja Manajemen Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2011 08:49
Last Modified: 29 Sep 2011 08:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4999

Actions (login required)

View Item View Item