ANALISIS TEMPERATUR DAN KECEPATAN INLET UDARA TERHADAP PROSES PENGERINGAN PADA SPRAY DRYER MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA


Shilly Muttashillatul Urfi, 5211417013 (2020) ANALISIS TEMPERATUR DAN KECEPATAN INLET UDARA TERHADAP PROSES PENGERINGAN PADA SPRAY DRYER MENGGUNAKAN METODE KOMPUTASI DINAMIKA FLUIDA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5211417013 - Shilly Muttashillatul Urfi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Spray dryer merupakan alat yang dikembangkan untuk melakukan pengeringan dengan metode spray (penyemprotan) menggunakan nozzle sebagai alat penyemprotnya. Proses pengeringan semprot terdiri dari atomisasi umpan cairan menjadi semprotan tetesan halus, kontak udara pengering dengan tetesan, pengeringan tetesan dengan pembentukan aglomerat partikel padat dan pemisahan produk padat dari gas buang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis temperatur dan kecepatan yang optimal ditinjau dari nilai temperatur outlet sebesar sekitar 100 °C yang dapat diasumsikan bahwa proses pengeringan berjalan sempurna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi menggunakan metode komputasi dinamika fluida dengan bantuan software Ansys Fluent 2020 R1 untuk mendapatkan nilai temperatur outlet, kecepatan outlet, gambar contour dan gambar pathline dengan menggunakan variasi temperatur inlet dan kecepatan inlet. Hasil penelitian analisis komputasi dinamika fluida pada komponen drying chamber yang berupa temperatur outlet dan kecepatan outlet menunjukkan semakin besar kenaikan temperatur inlet pada kecepatan yang sama semakin besar pula temperatur outlet maka nilai yang dihasilkan menurun tiap variasinya. Hasilnya temperatur inlet dan kecepatan inlet yang paling optimal dan efisien dalam melakukan pengeringan pada alat spray dryer adalah temperatur inlet sebesar 225 °C dengan kecepatan inlet 3 m/s atau temperatur inlet sebesar 175 °C dengan kecepatan inlet 1,5 m/s dengan temperatur outlet yang hampir mendekati nilai harapan sekitar 100 °C sebesar 106 °C dan 101 °C.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: spray dryer, drying chamber, komputasi dinamika fluida, simulasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:44
Last Modified: 01 Jul 2022 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49987

Actions (login required)

View Item View Item