PENGARUH PENGGUNAAN KATUP EKSPANSI BERGANDA TERHADAP SUHU DAN TEKANAN SISTEM AC MOBIL
Arif Rahman, 5202413014 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN KATUP EKSPANSI BERGANDA TERHADAP SUHU DAN TEKANAN SISTEM AC MOBIL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan suhu dan tekanan yang dihasilkan oleh sistem AC mobil Toyota Avanza 1.3 E M/T akibat penggunan katup ekspansi berganda dan katup ekspansi tunggal. Data diambil sebanyak tiga kali pada setiap pengujian dengan menggunakan alat Charging Manifold (Analyzer) dan Thermometer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen serta metode analisis data deskriptif kuantitatif. Variable terikat pada penelitian ini ada dua yaitu katup ekspansi berganda dan katup ekspansi tunggal. Variable bebas pada penelitian ini yaitu suhu dan tekanan sistem AC mobil. Hasil penelitian ini berupa angka perbedaan tekanan rendah, tekanan tinggi dan suhu dengan penggunaan katup ekspansi berganda dan katup ekspansi tunggal pada posisi high dan medium. Perbedaan tekanan rendah antara katup ekspasi berganda dan katup ekspansi tunggal yaitu 17 psi pada putaran mesin 1000 Rpm, 15,7 Psi pada putaran mesin 2000 Rpm dan 17 Psi pada putaran mesin 3000 Rpm pada posisi high, Sedangkan pada posisi medium 16,0 Psi pada putaran mesin 1000 Rpm, 17,1 pada putaran mesin 2000 Rpm dan 17,1 Psi pada putaran mesin 3000 Rpm . Perbedaan tekanan tinggi antara katup ekspansi berganda dan katup ekspansi tunggal pada posisi high yaitu 40,7 Psi pada putaran mesin 1000 Rpm, 43,4 Psi pada putaran mesin 2000 Rpm dan 40,8 Psi pada putaran mesin 3000 Rpm, Sedangkan pada posisi medium yaitu 40,9 Psi padaputaran mesin 1000 Rpm, 41 Psi pada putaran mesin 2000 Rpm dan 40,6 pada putaran mesin 3000 Rpm. Perbedaan suhu antara katup ekspansi berganda dan katup ekspansi tunggal pada posisi high yaitu 19,4 oC pada putaran mesin 1000 Rpm, 11,2 oC pada putaran mesin 2000 Rpm dan 6,0 oC pada putaran mesin 3000 Rpm, Sedangkan pada posisi medium yaitu 21,1 oC pada putaran mesin 1000 Rpm, 16,5 oC pada putaran meisn 2000 Rpm dan 10,3 oC pad aputaran mesin 3000 Rpm. Penggunaan katup ekspansi yang disarankan bagi pengendara adalah katup ekspansi tunggal karena hasil dari penghembusan untuk kenyamanan penumpang lebih efektif. Namun, apabila pengendara ingin menggunakan dua katup ekspansi atau berganda sebaiknya menggunakan dua blower karena itu bisa memaksimalkan kinerja dari katup ekspansinya dan hembusan ke cabinnya lebih merata dan apabila menggunakan katup ekspansi berganda sebaiknya diatur atau di kontrol terlebih dahulu pada pengaturan katup ekspansinya karena penggunaan katup ekspansi tunggal dan katup ekspansi berganda pengaturannya sangat berbeda.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Katup Ekspansi, Suhu, Tekanan, Sistem AC Mobil |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 04:04 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 04:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49985 |
Actions (login required)
View Item |