REPRESENTASI HUBUNGAN CINTA BEDA USIA DALAM ROMAN CHÉRI KARYA COLETTE: KAJIAN KRITIK SASTRA BIOGRAFI SAMUEL JOHNSON


Rohayu, 2311415051 (2021) REPRESENTASI HUBUNGAN CINTA BEDA USIA DALAM ROMAN CHÉRI KARYA COLETTE: KAJIAN KRITIK SASTRA BIOGRAFI SAMUEL JOHNSON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2311415051 - Rohayu Unnes.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karya sastra oleh penulis terkenal Colette, yang diterbitkan pada tahun 1920 dengan judul “Chéri”. Ini menceritakan kisah hubungan cinta beda usia yang kompleks antara seorang wanita paruh baya bernama Léa dan seorang pria muda bernama Fred, yang lebih dikenal sebagai (alias) Chéri. Analisis roman ini menggunakan teori kritik sastra biografi Samuel Johnson di mana peneliti mencari dan menemukan relevansi antara fakta dalam kehidupan Colette dari roman yang ditulisnya. Adapun referensi yang digunakan untuk mencari dan mengungkapkan data ini diambil dari beberapa buku biografi tentang penulisan roman ini. Unsur-unsur yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi tema, representasi hubungan cinta beda usia antara roman dan biografi, situasi sosial, budaya, dan ekonomi pada periode tersebut. Berdasarkan teori kritik sastra biografi, peneliti menemukan dan menjabarkan data yang relevan antara sumber biografi penulis dan objek material dari karya yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hubungan cinta beda usia, aspek-aspek yang melatarbelakangi terjalinnya hubungan antara Chéri dan Léa, dan tema yang diangkat dalam novel Chéri relevan dengan kehidupan Colette. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide baru bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Asing, khususnya Sastra Prancis untuk mempelajari, memahami dan menggunakan teori kritik sastra biografi dalam penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chéri, Representasi Hubungan Cinta Beda Usia, Kritik Sastra Biografi, Colette.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:11
Last Modified: 29 Jun 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49973

Actions (login required)

View Item View Item