PERGESERAN TERJEMAHAN DALAM KOMIK ASTÉRIX AUX JEUX OLYMPIQUES DAN ASTÉRIX DI OLIMPIADE


Susi Safitri, 2301415002 (2021) PERGESERAN TERJEMAHAN DALAM KOMIK ASTÉRIX AUX JEUX OLYMPIQUES DAN ASTÉRIX DI OLIMPIADE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301415002 - Susi Safitri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penerjemahan adalah suatu proses komunikasi antar dua bahasa. Maksudnya adalah menyampaikan kembali maksud atau isi pesan dalam teks sumber sehingga dapat dimengerti oleh masyarakat bahasa sasaran. Sebuah terjemahan tidak dengan mudah dapat diproduksi menjadi sama dengan aslinya karena adanya perbedaan budaya dan struktur bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pergeseran terjemahan yang terjadi pada Pergeseran terjemahan dalam komik Astérix aux Jeux Olympiques karya Uderzo dan Goscinny dan komik terjemahannya yang berjudul Astérix di Olimpiade. Subjek penelitian ini adalah seluruh kalimat yang ada dalam komik Astérix Aux Jeux Olympiques beserta komik terjemahannya. Objek yang diteliti adalah pergeseran terjemahan yang terjadi pada komik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode menyimak. Berdasarkan analisis, ditemukan 44 data pergeseran terjemahan yaitu pergeseran dari kata ke frasa 14 data, pergeseran dari frasa ke klausa 1 data, pergeseran dari klausa ke kalimat 9 data, pergeseran dari frasa ke kalimat 16 data, pergeseran dari kata ke kalimat 2 data, dan pergeseran pada sudut pandang budaya 2 data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik, pergeseran, terjemahan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:45
Last Modified: 29 Jun 2022 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49972

Actions (login required)

View Item View Item