PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DI ERA PANDEMI PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN 2020 KRITIS SISWA SMP


Wiliyan Kurnia Rizki, 6102416010 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DI ERA PANDEMI PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN 2020 KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6102416010 - Wiliyan Kurnia Rizki.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajran penjas yaitu pembelajaran yang identik dengan pembelajaran gerak/psikomotorik dalam hal ini olahraga penjas tidak lepas dari pembelajran yang memberikan contoh dan memberikan materi berupa praktik atau aktifitas fisik. Pembelajaran penjas selama masa pandemi kurang efektif dilakukan dikarenakan belum ada persiapan maksimal dari segi regulasi, pelaksanaan dilapangan, dan juga siswa, oleh karena itu peneliti memiliki keinginan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran penjas, dikarenakan tidak boleh ada muatan pembelajaran yang hilang ditengah pandemi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran penjas di era pandemi pada Sekolah Dasar di Kecamatan Kalinyamatan Jepara tahun 2020. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian. Kepala sekolah, guru pjok dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi untuk membandingkan hasil dari pengumpulan data. Analisis data menggunakan (reduksi data, penyajian data) untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penjas di SD 03 Margoyoso, SD 03 Banyuputih, SD 03 Purwogondo, SD 01 Sendang, dan SD 04 Margoyoso melakukan pelaksanaan pembelajaran penjas menggunakan daring, namun banyak siswa kurang paham mengenai materi yang di sampaikan dan siswa lebih menyukai pembelajran secara luring untuk mata pelajaran penjas. Simpulan ini adalah bahwa di kecamatan kalinyamatan Jepara melakukan pelaksanaan pembelajran penjas secara daring namun proses pelaksanaan penjasnya hanya mengarah ke kognitif dan afektif sedangkan aspek psikomotorik belum bisa tercapai dengan baik sehingga pembelajran belum bisa berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Jasmani, Pandemi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:07
Last Modified: 28 Jun 2022 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49965

Actions (login required)

View Item View Item