PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP


Didik Riyanto, 4001416017 (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS STEM MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416017 - Didik Riyanto.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan pada pembelajaran IPA di SMP N 26 Semarang adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih dalam kategori rendah dan guru hanya berpedoman pada buku paket sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik modul, tingkat kelayakan dan tingkat keterbacaan modul yang sesuai untuk siswa SMP kelas VIII serta efektivitas modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) model ADDIE. Ada Ada lima tahap prosedur penelitian yang dilakukan yang dilakukan yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi . Desain uji coba produk yang digunakan adalah one Group Pretest-Posttest Design. Subjek uji coba adalah siswa SMP N 26 Semarang. Pelaksanaan penelitian pada semester genap tahun ajar 2019/2020. Hasil penelitian tingkat kelayakan modul berbasis STEM sangat layak digunakan dalam penelitian dengan memperoleh skor rata-rata dari validator ahli media dan ahli materi sebesar 85,70%. Hasil penelitian uji keterbacaan modul dalam penelitian memperoleh skor rata-rata dari 15 siswa kelas IX sebesar 75% dalam kategori mudah dipahami sesuai dengan kriteria keterbacaan menurut Rankin & Culhane. Hasil efektifitas modul menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan skor rata-rata dari satu kelas sebesar 0.6 dalam uji gain dengan kriteria sedang. Aspek berpikir kritis yang dikembangkan meliputi lima indikator yaitu menghipotesis, menginterpretasi data, menyimpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Tanggapan peserta didik menunjukkan kategori sangat setuju dengan rata-rata sebesar 84%, sehingga modul yang dikembangkan dalam penelitian ini sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, STEM, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:48
Last Modified: 28 Jun 2022 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49964

Actions (login required)

View Item View Item