KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VIII TERBITAN YUDHISTIRA


Jichaninda Dhika Maharani, 2101417063 (2021) KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTS KELAS VIII TERBITAN YUDHISTIRA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101417063 File lengkap skripsi - Jichaninda Dhika Maharani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan buku teks dapat menunjang proses kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun buku teks yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran masih dipertanyakan kelayakannya, terutama dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal tersebut terjadi karena kurangnya penilaian kelayakan sebelum buku teks digunakan. Kelayakan buku teks satu dengan lainnya sama. Buku teks yang diterbitkan oleh swasta harus sesuai dengan standar kriteria yang diberikan oleh Kemendikbud. Salah satu penerbit buku swasta yang digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia yakni penerbit Yudhistira. Buku teks yang digunakan harus memiliki kriteria atau standar tertentu seperti relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku, kesesuaian metode dengan materi yang disampaikan, dan isi buku atau sudut keilmuannya agar kualitas buku teks yang digunakan dalam pembelajaran layak untuk digunakan peserta didik maupun pendidik. Standar kriteria kelayakan buku teks telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Standar penilaian tersebut mencakup empat komponen kelayakan, namun dalam penelitian ini hanya dibahas dua komponen kelayakan yang meliputi kelayakan isi dan kelayakan penyajian. Penelitian ini memiliki tujuan meliputi: (1 ) menganalisis kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII karya penerbit Yudhistira dan (2) menganalisis kelayakan penyajian buku teks Bahasa Indonesia untuk peserta didik SMP/MTs kelas VIII karya penerbit Yudhistira. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi atau content analysis dengan maksud untuk mendeskripsikan kelayakan isi dan penyajian dalam buku teks Bahasa Indonesia Untuk Peserta Didik SMP/MTs Kelas VIII Terbitan Yudhistira. Metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, Buku Teks, Yudhistira
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:25
Last Modified: 28 Jun 2022 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49963

Actions (login required)

View Item View Item