KAJIAN DESAIN ANIMASI BERKARAKTER BUDAYA INDONESIA PADA ANIMASI “KNIGHT KRIS”


Yoga Sembodo, 2411416031 (2021) KAJIAN DESAIN ANIMASI BERKARAKTER BUDAYA INDONESIA PADA ANIMASI “KNIGHT KRIS”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411416031 - Yoga Sembodo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Desain pada era globalisasi ini telah berkembang pesat, perkembangan tersebut dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi. Salah satu bidang desain yang berkembang adalah animasi. Dewasa ini, animasi sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, baik yang ditampilkan dalam media interaktif di komputer, dalam bentuk serial di televisi, maupun dalam bentuk layar lebar. Animasi merupakan salah satu media penyampaian informasi yang penting karena dapat menjelaskan peristiwa sebab akibat dengan cara yang menarik. Salah satu animasi karya anak bangsa adalah animasi berjudul Knight Kris dengan desain bereferensi budaya Indonesia yang berkualitas dan berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan desain animasi berkarakter budaya Indonesia yang digunakan dalam animasi berjudul Knight Kris berdasarkan prinsip desain dan prinsip animasi, (2) Menjelaskan makna dari animasi Knight Kris yang berkarakter budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan objek penelitian animasi Knight Kris. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dengan cara menonton dan mengamati animasi Knight Kris, wawancara dengan cara focused group discussion melalui aplikasi WhatsApp, dan dokumentasi dengan cara mencari sumber berita daring di internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa animasi Knight Kris (1) Pengomposisian desain elemen-elemen visual memperhatikan keseimbangan, kesatuan pada desain bercorak Indonesia misal pada desain karakter dan latar cerita, penonjolan fokus visual dengan penyesuaian proporsi dan tata letak elemen visual sehingga menciptakan flow desain. Pewarnaan elemen visual mengikuti arah cahaya, adanya secondary action misal saat karakter berbicara, penataan staging yang menonjolkan satu fokus visual. (2) Memiliki makna positif di antaranya sikap tanggung jawab, tidak merundung orang lain, tidak serakah, budaya bertamu, menghormati orang tua melalui tindakan tokoh berupa dialog dan aksi heroik. Skripsi ini dapat memberikan referensi bagaimana animasi yang baik dan berkualitas berdasarkan penerapan prinsip desain dan prinsip animasi. Sehingga akan lebih banyak lagi animasi berkarakter budaya Indonesia karya anak bangsa yang berkualitas. Selanjutnya skripsi ini dapat menjadi referensi dan literatur mengenai penelitian dalam bidang animasi bagi mahasiswa DKV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain, Animasi, Budaya Indonesia, Knight Kris
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:12
Last Modified: 28 Jun 2022 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49956

Actions (login required)

View Item View Item