DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA UMBUL PONGGOK TERHADAP KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN


Muhammad Hadaf Jaelani, 3211416029 (2021) DAMPAK PENGEMBANGAN OBJEK WISATA UMBUL PONGGOK TERHADAP KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416029 - Muhammad Hadaf Jaelani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa dan didukung dengan kondisi sosial budaya yang beragam. Salah satu kegiatan yang dapat dimanfaatkan pada potensi tersebuat adalah pariwisata, karena kegiatan wisata tidak hanya berdampak positif bagi pelakunya saja tetapi juga bagi orang lain ataupun juga negara. Saat ini industri pariwisata saat ini dijadikan sebagai sebagai penambah devisa negara dan membuka lapangan pekerjaan baru. Berdasarkan data dari WTTC tercatat bahwa Indonesia masuk kedalam urutan ke-9 dari 185 negara didunia yang memiliki kekuatan pariwsata untuk dampak ekonomi. Salah satu contoh adalah Desa Ponggok yang memiliki wisata air yakni Umbul Ponggok yang sekarang sudah banyak dikenal masyarakat dan memiliki dampak pada kondisi sosial dan ekonomi warga desa setempat. Tercatat pada tahun 2018, Desa Ponggok memiliki PAD sebesar 1.1 Milyar, hal itu meningkat setiap tahunnya dari tahun 2010 hanya 30 juta. Selain itu bagi masyarakat sudah banyak yang mendapatkan lapangan pekerjaan baru sehingga meningkatkan pendapatan mereka yang selanjutnya berdampak pada kesejahteraan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kondisi Objek Wisata Umbul Ponggok. (2) Mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan di Objek Wisata Umbul Ponggok. (3) Mengetahui dan menganalisis dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat setelah dilakukan pengembangan. Lokasi penelitian ini berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Ponggok. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling dan proportional random sampling. Dengan menggunakan rumus slovin didapatkan jumlah sampel dari seluruh populasi yakni 672 KK dan didapatkan hasil yakni 87 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskreptif presentase. Hasil penelitian ini adalah (1) Objek Wisata Umbul Ponggok melakukan pengembangan dan mengalami perubahan pada luas wilayah, kolam renang dan juga fasilitas pendukung. (2) Strategi pengembangan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil dan terakhir evaluasi. (3) Pengembangan tersebut memiliki dampak bagi kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat seperti, tingkat pendidikan, taraf kesehatan, pembangunan infrastuktur, interaksi sosial, kelembagaan sosial, meningkatnya pendapatan dan juga lapangan pekerjaan baru dengan nilai skor persepsi responden 88%. Saran penelitian yang diberikan dalam penelitian diantaranya adalah (1) Untuk lebih menggali potensi sumber daya air yang ada di desa karena masih terdapat 4 sumber mata air selain Umbul Ponggok. (2) Menggalakkan lagi progam promosi yang telah ada ditambah dengan menggandeng biro perjalanan wisata untuk memasukkan Umbul Ponggok kedalam kunjungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Objek Wisata, Strategi Pengembangan, Dampak Sosial dan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Community Empowerment
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:33
Last Modified: 28 Jun 2022 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49954

Actions (login required)

View Item View Item