ANALISIS DISPLACEMENT DAN TEGANGAN PADA BALLAST REL AKIBAT BEBAN DINAMIS KERETA API MENGGUNAKAN PERMODELAN NUMERIK 3D FINITE ELEMENT


Ita Karisma Putri, 5111417017 (2021) ANALISIS DISPLACEMENT DAN TEGANGAN PADA BALLAST REL AKIBAT BEBAN DINAMIS KERETA API MENGGUNAKAN PERMODELAN NUMERIK 3D FINITE ELEMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5111417017 - Ita Karisma Putri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kereta api sebagai salah satu alternatif transportasi yang efisien bagi penumpang dan barang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.Untuk memastikan kondisi rel kereta api yang selalu terkena getaran akibat kereta, pengujian dinamis harus dilakukan pada rel yang sifat dinamiknya dapat diekstraksi dan diperkirakan dari respons getaran struktur rel. Salah satu metode dalam melakukan pemeliharaan rutin berkala untuk struktur rel kereta api adalah Structural Health Monitoring System (SHMS). Untuk itu perlu adanya pengujian menggunakan sensor Accelerometer dan GeoSIG untuk mendeteksi getaran yang terjadi pada struktur jalan rel terutama dilapisan ballast akibat beban dinamis kereta api. Hasil rekaman dari data real di lapangan berupa percepatan dari beban dinamis kereta api ketika melintas. Dari data tersebut akan dilakukan analisa permodelan numerik 3D Finite Elemen dengan menggunakan software Plaxis 3D Connect Edition V20. Hal ini bertujuan untuk mengetahui besarnya percepatan, displacement dan tegangan pada ballast kereta api akibat menerima beban dinamis ketika kereta api melintas. Penelitian ini dilakukan di KM 6+1/2 Daerah Operasi IV Semarang yang berada di sekitar Stasiun Jerakah. Displacement terbesar terjadi ketika ballast dilintasi oleh kereta api barang dengan rekam data real dari sensor Accelerometer sebesar 8,977x10-3 m. Nilai Displacement terbesar yang dihasilkan dengan permodelan menggunakan software plaxis 3D sebesar 2,588x10-3 m. Perhitungan tegangan pada ballast menggunakan software plaxis 3D dengan tegangan terbesar terjadi pada ballast ketika kereta barang melintas sebesar 43,69 Kn/M2 .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Accelerometer, Percepatan,Displacement, Tegangan,Plaxis 3D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:37
Last Modified: 24 Jun 2022 04:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49931

Actions (login required)

View Item View Item