HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD N GUGUS SADEWA KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN


FATCHUN NUR ROSYID, 1401416459 (2020) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DENGAN SIKAP SOSIAL SISWA KELAS V SD N GUGUS SADEWA KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416459 - FATCHUN NUR ROSYID.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada kelas V SD Negeri Gugus Sadewa Kabupaten Kebumen menunjukkan sikap sosial siswa yang masih rendah. Berdasarkan wawancara dengan guru, didapatkan didapatkan data bahwa faktor yang mempengaruhi sikap sosial yaitu kompetensi guru dan implementasi pembelajaran kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji hubungan antara kompetensi guru dengan sikap sosial siswa kelas V SDN Gugus Sadewa Kabupaten Kebumen. (2) menguji hubungan antara implementasi kurikulum 2013 dengan sikap sosial siswa kelas V SDN Gugus Sadewa Kabupaten Kebumen. (3) menguji hubungan antara kompetensi guru dan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap sikap sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 124 siswa kelas V SDN Gugus Sadewa Kabupaten Kebumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas, linieritas, dan multikolinieritas. Sedangkan teknik analisis data dengan statistik deskriptif, analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan sikap sosial siswa, kontribusi variabel kompetensi guru termasuk dalam kategori kuat; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara impelementasi kurikulum 2013 dengan sikap sosial siswa, kontribusi variabel implementasi kurikulum 2013 ternasuk dalam kategori sedang; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 secara bersama-sama terhadap sikap sosial siswa, kontribusi variabel kompetensi guru dan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap sikap sosial tersebut termasuk dalam kategori kuat. Simpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dan implementasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap sikap sosial siswa kelas V SDN Gugus Sadewa Kabupaten Kebumen. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa diharapkan dapat meningkatkan sikap sosial siswa hendaknya memperhatikan kompetensi guru dan implentasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum 2013; kompetensi guru; sikap sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 24 Jun 2022 04:19
Last Modified: 24 Jun 2022 04:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49928

Actions (login required)

View Item View Item