ANALISIS PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN


MUHAMMAD WAHYU ZULFIKARNA, 7211417181 (2021) ANALISIS PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PROGRAM (ESOP) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417181 - Muhammad Wahyu Zulfikarna.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama dari perusahaan adalah mencari keuntungan agar kelangsungan hidup perusahaan dapat terus berjalan, oleh karena itu perusahaan harus memperhatikan faktor-faktor yang dapat memengaruhi kinerja keuangannya dalam menghasilkan laba yang maksimal. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah Investment Opportunity Set (IOS) dan Employee Stock Ownership Program (ESOP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari IOS dan ESOP terhadap kinerja keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia yang menerapkan program Employee Stock Ownership Program (ESOP). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang menggunakan kriteria-kriteria pada perusahaan yang menerapkan ESOP tahun 2017- 2019 sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 sampel perusahaan dengan 82 unit analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Investment Opportunity Set yang diproksikan dengan nilai buku aset terhadap nilai pasar aset (MVABVA) dan proksi penambahan modal terhadap nilai buku aset (CAPBVA) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sementara Investment Opportunity Set yang diproksikan dengan nilai buku ekuitas terhadap nilai pasar ekuitas (MVEBVE) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel ESOP juga memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah proksi IOS yaitu nilai buku terhadap nilai pasar aset (MVABVA) dan penambahan modal terhadap nilai buku aset (CAPBVA) dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan, sementara proksi nilai buku ekuitas terhadap nilai pasar ekuitas (MVEBVE) dan ESOP dapat menurunkan kinerja keuangan perusahaan. Saran dari penelitian ini adalah bagi perusahaan dan investor dapat memperhatikan Investment Opportunity Set (IOS) dan Employee Stock Ownership Program (ESOP) karena hal tersebut terbukti berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Selain itu, bagi penelitian selanjutnya dapat mengganti sampel perusahaan serta menambah variabel lain yang memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan sehingga dapat meningkatkan referensi penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investment Opportunity Set, Kinerja Keuangan, ESOP
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:40
Last Modified: 24 Jun 2022 03:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49922

Actions (login required)

View Item View Item