Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability Report dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2019)


Difa Putra Purnama, 7211417097 (2021) Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability Report dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2016-2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7211417097 (skripsi) - Difa Putra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas bisnis perusahaan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan yang ada di Indonesia masih banyak yang kurang peduli pada kerugian kerusakan lingkungan yang harus ditanggung oleh masyarakat akibat dari aktivitas bisnis perusahaan. Informasi mengenai dampak dari aktivitas ekonomi, sosial dan lingkungan perusahaan diungkapkan melalui sustainability report sebagai laporan sukarela yang disajikan secara terpisah dari annual report. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, aktivitas perusahaan, dewan direksi, komisaris independen, komite audit terhadap pengungkapan sustainability report dengan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2019 sebanyak 14 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga menghasilkan 54 sampel dan unit analisis. Alat analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan MRA dengan menggunakan program IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Komisaris independen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Sedangkan profitabilitas, likuiditas, leverage, dewan direksi, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan memoderasi dan memperkuat pengaruh komisaris independen terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan memoderasi dan memperlemah pengaruh aktivitas perusahaan terhadap pengungkapan sustainability report. Ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dewan direksi, dan komite audit terhadap pengungkapan sustainability report. Simpulan dari penelitian ini adalah dari empat belas hipotesis, yang diterima hanya tiga hipotesis yaitu aktivitas perusahaan berpegaruh signifikan dan positif terhadap pengungkapan sustainability report dan ukuran perusahaan memoderasi pengaruh aktivitas perusahaan dan komisaris independen terhadap pengungkapan sustainability report. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan pengukuran lain untuk menilai praktik pengungkapan sustainability report serta menambah variabel lain mengingat pengaruh yang diberikan variabel independen dalam penelitian ini masih rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sustainability Report, Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Aktivitas Perusahaan, Dewan Direksi, Komisaris Independen, Komite Audit, Ukuran Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:14
Last Modified: 24 Jun 2022 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49918

Actions (login required)

View Item View Item