PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ONLINE BERBASIS STREAM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK


Dita Dwi Saputri, 4201417004 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ONLINE BERBASIS STREAM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417004 - Dita Dwi Saputri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Memasuki abad ke 21 kurikulum pendidikan yang dikembangkan di Indonesia yaitu Kurikulum 2013. Kurikulum ini mengacu pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dan menengah. Dalam penerapan kurikulum 2013 terdapat faktorfaktor yang mempengaruhi keberhasilannya, diantaranya yaitu bahan ajar. Bahan ajar adalah media yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dimana berisi materi pembelajaran yang disusun secara sistematis kemudian digunakan oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan kreativitas dan pemahaman konsep peserta didik di SMA N 1 Demak. Dimensi pada kreativitas meliputi dimensi kognitif, dimensi afektif dan dimensi psikomotorik. Pada penelitian ini difokuskan mengenai perkembangan kreativitas peserta didik pada dimensi kognitif. Menurut Munandar kreativitas peserta didik pada dimensi kognitif-intelektual meliputi berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal dan berpikir terperinci sedangkan untuk pemahaman konsep meliputi kemampuan menerjemahkan, menginterpretasikan dan mengeksplorasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode R & D (Research and Development) dengan model ADDIE. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI Mipa 3 dan XI Mipa 4 di SMA N 1 Demak. Prosedur penelitian meliputi tiga tahapan utama, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian produk. Tahap pendahuluan meliputi observasi dan analisis kebutuhan peserta didik di lapangan serta mencari sumber-seumber pendukung untuk merumuskan permasalahan. Tahap pengembangan meliputi penyusunan desain dan materi untuk bahan ajar dan mempersiapkan instrumen untuk penelitian, sedangkan untuk tahap uji coba meliputi uji validasi bahan ajar kepada validator ahli dan melakukan uji coba skala besar kepada peserta didik dengan menerapkan bahan ajar pada pembelajaran di kelas. Tingkat kreativitas dan pemahaman konsep peserta didik diukur dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian didapatkan karakteristik dan susunan dari bahan ajar berbasis STREAM telah teruji kelayakan dan keterbacaannya sehingga sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil uji peningkatan kreativitas dan pemahaman konsep menunjukkan bahwa adanya peningkatan tingkat kreativitas dan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan bahan ajar berbasis STREAM pada materi fluida dinamis walaupun terdapat peningkatan pada beberapa aspek yang tidak terlalu signifikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, STREAM, Kreativitas, Pemahaman Konsep, Fluida Dinamis
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:33
Last Modified: 20 Jun 2022 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49887

Actions (login required)

View Item View Item