PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM AYUNAN MATEMATIS BERBANTUAN ALS (AMBIENT LIGHT SENSOR) PADA SMARTPHONE ANDROID


Muhamad Ghoni Arif Munandar, 4201416034 JURUSAN (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM AYUNAN MATEMATIS BERBANTUAN ALS (AMBIENT LIGHT SENSOR) PADA SMARTPHONE ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201416034 - Muhamad Ghoni Arif Munandar.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan praktikum Fisika Dasar di Universitas Negeri Semarang ketika pengambilan data pada kegiatan praktikum maupun analisis data masih belum maksimal. Oleh karena itu, mahasiswa perlu dikenalkan tentang cara pemanfaatan teknologi untuk menunjang kegiatan praktikum. Penelitian tentang pemanfaatan teknologi dalam menunjang kegiatan praktikum telah banyak dilakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan sensor pada smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum ayunan matematis berbantuan ALS (Ambient Light Sensor) pada smartphone Android dan mengetahui kelayakan dari modul yang telah dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian R&D (Research and Development). Responden penelitian terdiri dari dua orang pakar sebagai pihak yang menilai kelayakan dari modul. Hasil penelitian menunjukan modul yang telah dikembangkan mendapatkan persentase kelayakan sebesar 93,94% dengan kriteria sangat layak. Hasil rincian untuk setiap aspek yaitu: kelayakan konten mendapatkan hasil sebesar 88,89%, kelayakan kebahasaan sebesar 96,25%, kelayakan demonstrasi sebesar 95,31%, dan kelayakan kegrafisan sebesar 95,83%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul, ayunan matematis, sensor
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:04
Last Modified: 20 Jun 2022 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49886

Actions (login required)

View Item View Item