PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Fajri Wijayanti, 4001416044 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416044 - Fajri Wijayanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan pembelajaran di sekolah tidak terlepas dari perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran baik siswa maupun tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Penerapan strategi dan pendekatan dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan siswa secara konstruktif dan mengarah pada penguasaan materi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan mendeskripsikan karakteristik dari perangkat pembelajaran quantum learning berbantuan audio visual untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) oleh Thiagarajan, yaitu model 4-D (four-D-model) yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate tetapi hanya dilaksanakan sampai tahap develop. Hasil analisis validitas perangkat pembelajaran quantum learning berbantuan audio visual untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa meliputi (1) silabus quantum learning berbantuan audio visual dinyatakan sangat valid berdasarkan persentase hasil validasi pada aspek penyajian sebesar 94,55% dan aspek materi sebesar 95,56%; (2) RPP quantum learning berbantuan audio visual dinyatakan sangat valid berdasarkan persentase hasil validasi pada aspek penyajian sebesar 96,25% dan aspek materi sebesar 95%; (3) LKPD quantum learning berbantuan audio visual dinyatakan sangat valid berdasarkan persentase hasil validasi pada aspek penyajian sebesar 97,5% dan aspek materi sebesar 92,5%; (4) soal tes quantum learning berbantuan audio visual dinyatakan valid berdasarkan analisis uji validitas menggunakan koefisien V Aiken; dan (5) media audio visual dinyatakan sangat valid berdasarkan persentase hasil validasi sebesar 94,4%. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan sintaks quantum learning yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasikan, ulangi, dan rayakan. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran quantum learning berbantuan audio visual dikategorikan valid dan sangat valid untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, quantum learning, audio visual, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:22
Last Modified: 17 Jun 2022 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49884

Actions (login required)

View Item View Item