PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN STUDY CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA


Luthfiana Rava Nurul Aida, 4001416040 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN STUDY CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001416040 - Luthfiana Rava Nurul Aida.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh produk pengembangan perangkat pembelajaran model Two Stay Two Stray berbantuan study card untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa yang valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau research and development (R&D). Desain penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Sugiyono level 1. Data dikumpulkan dengan metode observasi, validasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan analisis di SMP Negeri 3 Ungaran dan pengembangan dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang tahun 2020. Indikator kemampuan kerja sama yang digunakan adalah indikator kemampuan kerja sama Roger & David Jhonson. Objek penelitian perangkat pembelajaran terdiri atas silabus, RPP, LKS, media study card dan soal evaluasi. Kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh dari hasil validasi oleh pakar atau ahli dengan analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model Two Stay Two Stray berbantuan study card untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa berhasil dikembangkan dengan menggunakan model Sugiyono, yang meliputi tahapan analisis potensi dan masalah yang ada, studi literatur dan pengumpulan informasi tentang perangkat pembelajaran, validasi perangkat pembelajaran, serta revisi terhadap saran dan masukan yang diberikan oleh validator. Pengembangan perangkat memperoleh hasil kevalidan dengan persentase rata-rata pada silabus sebesar 93,44%, RPP sebesar 94%, LKS sebesar 97,67%, media study card sebesar 98,5 dan soal evaluasi sebesar 96,66%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Study Card, Kemampuan Kerja Sama
Subjects: Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:06
Last Modified: 16 Jun 2022 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49882

Actions (login required)

View Item View Item