HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA UNNES DI MASA PANDEMI


Rika Gayatri, 1301416040 (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN ADVERSITY QUOTIENT DENGAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA UNNES DI MASA PANDEMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416040 - Rika Gayatri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat resiliensi akademik mahasiswa UNNEs yang berada pada kategori rendah yang mana hal tersebut dapat mengganggu tugas perkembangan mahasiwa yang berada pada fase emerging adulthood. Penelitian ini membahas mengenai hubungan antara dukungan resiliensi akademik pada mahasiswa Universitas Negeri semarang di masa pandemi Covid-19. Tujuan pada penelitian ini ialah: 1) memperoleh informasi mengenai tingkat resiliensi akademik, 2) memperoleh informasi mengenai tingkat dukungan sosial teman sebaya, 3) memperoleh informasi mengenai tingkat adversity quotient, 4) mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik, 5) mengetahui hubungan adversity quotient dengan resiliensi akademik, 6) mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan adversity quotient dengan resiliensi akademik. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif ex post fact dengan desain korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebanyak 344 mahasiswa dari 29.007 jumlah populasi yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Alat pengumpul data menggunakan skala resiliensi akademik, skala dukungan sosial teman sebaya dan skala adversity quotient. validitas instumen pada penelitian ini menggunakan rumus product moment serta expert judgement, sedangkan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis yang dipakai ialah kuantitatif deskriptif dan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat resiliensi akademik mahasiswa UNNES pada kategori tinggi (M=4,02), tingkat dukungan sosial teman sebaya tinggi (M=3,99), serta tingkat adversity quotient tinggi (M=3,92). Hasil analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan anatara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik (t=10,636, β=0,445, p=<0,05), terdapat hubungan positif dan signifikan anatara adversity quotient dengan resiliensi akademik (t=10,596, β=0,485,p=<0,05), serta terdapat hubungan positif dan signifikan anatara dukungan sosial teman sebaya dan adversity quotient dengan resiliensi akademik (R=0,880, R2 =0,774, F=586,225, p=<0,05) yang mana secara simultan dapat memprediksi resiliensi akademik sebesar 77,4%. Berlandaskan hasil penelitian, diharapkan dapat diimplikasikan bagi pengembangan layanan bimbingan dan konseling pada pusat karir dan bimbingan dan konseling UNNES seperti pemberian seminar, pemanfaatan tutor sebaya, ataupun layanan lainnya sesuai keutuhan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: resiliensi akademik, dukungan sosial teman sebaya, adversity quotient.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:33
Last Modified: 09 Jun 2022 03:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49859

Actions (login required)

View Item View Item