PENGEMBANGAN ALAT UKUR HASIL BELAJAR IPA BERORIENTASI UNITY OF SCIENCES


Joko Budi Poernomo, 0402614005 (2022) PENGEMBANGAN ALAT UKUR HASIL BELAJAR IPA BERORIENTASI UNITY OF SCIENCES. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of 0402614005.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ketersediaan instrumen asesmen untuk mengukur hasil belajar pembelajaran IPA yang terintegrasi sains dan Islam masih terbatas, sehingga perlu dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan alat ukur hasil belajar IPA yang berorientasi Unity of Sciences yang mengintegrasikan sains dan Islam dalam instrumen penilaian ranah sikap, ranah pengetahuan dan ranah keterampilan. Penelitian didesain sebagai penelitian dan pengembangan menggunakan metode R&D. Prototipe instrumen alat ukur hasil belajar IPA divalidasi 6 expert Judgment dianalisis menggunakan formula Aiken’V, hasil ujicoba empiris validasi konstruk menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis), reliabilitas interater dan reliabilitas konsistensi internal dengan formula Alpha Cronbach. Hasil Validasi expert Judgmet diperoleh koefisien validitas 0,906 ≥ 0,78 termasuk dalam kategori valid. Validitas konstruk menggunakan Amos yaitu Confirmatory Factor Analysis yang memenuhi goodness of fit nilai rata-rata ketiga ranah penilaian CFI= 1.0, IFI=1.0, NFI=0.99, NNFI=1.05, RFI=0.97, AGFI=1.0, GFI=1.0, nilai RMSEA untuk ranah sikap sebesar 0,062, nilai RMSEA ranah pengetahuan sebesar 0,0078 dan nilai RMSEA sebesar 0,0089. Kedelapan kriteria pengujian memiliki nilai > 0.90 dan nilai RMSEA < 0,08 sehingga dapat disimpulkan validitas konstruk terpenuhi. Validitas konstruk juga dibuktikan dengan factor loading instrumen ranah sikap, ranah pengetahuan dan ranah keterampilan yang semua memiliki harga > 0.5. Reliabilitas konstruk interrater ranah sikap CR 0,87 dan VE 0,71; ranah pengetahuan dengan nilai CR 0,93 dan VE 0,82; ranah keterampilan dengan nilai CR 0,84 dan VE 0,68 sesuai penilaian kesepakatan ahli menandakan bahwa pemberian rating penilaian oleh para rater adalah reliabel atau konsisten antara satu dengan yang lain karena syarat terpenuhinya CR > 0,70 dan VE > 0,4 terpenuhi. Nilai konsistensi internal hasil uji skala kecil nilai koefisien alpha 0,76. Alat ukur hasil belajar IPA berorientasi UoS dapat diimplementasikan pada pembelajaran konsep dasar IPA terintegrasi karena memenuhi karakteristik teori tes klasik karena terpenuhi validitas dan reliabilitasnya. Alat ukur hasil belajar IPA berorientasi UoS mampu merefleksikan profil kemampuan mahasiswa mengintegrasikan konsep IPA dan nilai Islam dalam kategori baik. Penilaian kepraktisan penggunaan alat ukur hasil belajar IPA berorientasi UoS dari penilaian dosen diperoleh ratarata skor 3,60 dari skor maksimum 4,0 dengan kategori sangat praktis. Alat ukur hasil belajar IPA berorientasi Unity of Sciences memenuhi jumlah kriteria yang ditetapkan sehingga layak digunakan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Alat Ukur, Hasil Belajar IPA, Unity of Sciences
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 03 Jun 2022 21:38
Last Modified: 03 Jun 2022 21:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49837

Actions (login required)

View Item View Item