Tuturan Ilokusi Guru pada Interaksi Guru-Siswa di Grup Whatsapp dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan


Hestri Afri Puspitasari, 0202517012 (2022) Tuturan Ilokusi Guru pada Interaksi Guru-Siswa di Grup Whatsapp dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0202517012 - Hestri Afri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang memasuki jenjang SMK cenderung memiliki sikap dan perilaku yang belum stabil. Mereka masih memasuki masa transisi dari remaja menuju dewasa dan sedang mencari jati diri. Oleh karena itu, penanaman nilai- nilai karakter perlu dilakukan, tepatnya saat siswa memasuki kelas X. Karakter siswa terbentuk dari rumah, tetapi lingkungan diluar rumah dapat memengaruhi perubahan karakter itu misalnya di sekolah. Guru akan menjadi panutan siswa di sekolah. Siswa sangat memerhatikan tuturan yang diajarkan seorang guru sehingga guru perlu bertutur kata yang baik. Di dalam interaksinya dengan siswa, guru banyak memberikan informasi, anjuran, dan nasihat baik yang secara langsung maupun tidak langsung mengandung nilai-nilai karakter. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi wujud tuturan ilokusi guru pada kegiatan pembinaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan, (2) mendeskripsi fungsi tuturan ilokusi guru pada kegiatan pembinaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan, dan (3) mendeskripsi nilai- nilai karakter yang terdapat dari tuturan ilokusi guru pada kegiatan pembinaan dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan metodologis. Pendekatan teoretis dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatis, sedangkan pendekatan metodologis yang digunakan dalam peneltian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah penggalan percakapan guru dalam interaksi guru-siswa yang diduga merupakan tuturan ilokusi guru. Adapun sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari tuturan guru kepada siswa dalam interaksi guru-siswa. Dalam penelitian ini, metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) wujud tuturan ilokusi dalam kegiatan pembinaan wali kelas yaitu wujud tuturan asertif, tuturan direktif, tuturan ekspresif, tuturan komisif, dan tuturan isbati; (2) fungsi pragmatis tuturan dalam kegiatan pembinaan wali kelas yaitu a) fungsi tuturan asertif meliputi fungsi menyatakan, melaporkan; b) fungsi tuturan direktif meliputi fungsi memerintah, menasehati, dan merekomendasi; c) fungsi tuturan komisif meliputi fungsi menawarkan, mengancam; d) fungsi tuturan ekspresif meliputi fungsi memuji, vii mengucapkan terima kasih, mengkritik; dan e) fungsi tuturan isbati meliputi fungsi membatalkan, melarang, mengizinkan; dan (3) nilai-nilai karakter yang muncul secara implisit yaitu nilai integritas, tanggung jawab, mandiri, religius, dan gotong royong. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, dapat dikemukakan simpulan (1) wujud tuturan ilokusi yang ditemukan pada interaksi guru-siswa dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan berjumlah lima, (2) fungsi pragmatis tuturan ilokusi yang ditemukan pada interaksi guru-siswa dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan berjumlah 13 fungsi, dan (3) dalam tuturan ilokusi guru pada interaksi guru-siswa di SMK N 2 Pekalongan dan SMK Medika Pekalongan ditemukan lima nilai karakter yang muncul secara implisit.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pragmatik, tuturan ilokusi, nilai karakter, karakter siswa
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 May 2022 08:30
Last Modified: 30 May 2022 08:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49826

Actions (login required)

View Item View Item