Strategi Adaptasi Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 5 Purwokerto pada Masa Pandemi COVID-19


Azhardi Wisnugraha, 0204518040 (2022) Strategi Adaptasi Pembelajaran Seni Musik di SMA Negeri 5 Purwokerto pada Masa Pandemi COVID-19. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of TESIS FULL - Azhardi Wisnugraha.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika, strategi adaptasi dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran seni musik di SMA Negeri 5 Purwokerto selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 5 Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pada proses pembelajaran daring di SMA Negeri 5 Purwokerto problematika yang dihadapi adalah perbedaan tingkat pemahaman siswa dan keterbatasan sarana dan prasarana. Strategi adaptasi pembelajaran seni musik di SMA Negeri 5 Purwokerto selama masa pandemi Covid-19 ada tiga strategi. Pertama, strategi adaptasi metode yang dilakukan dengan metode pembelajaran blended learning. Kedua, strategi adaptasi media dilakukan dengan perubahan RPP, penggunaan smartphone, laptop dan pemakaian video conference melalui aplikasi Google Classroom, Zoom, dan melalui Whatsapp. Ketiga, strategi adaptasi penilaian dilakukan dengan penilaian kehadiran siswa, penilaian portofolio tugas dan ujian. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring mata pelajaran seni musik di SMA Negeri 5 Purwokerto terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal siswa dilihat dari intelejensi, bakat, kondisi kesehatan siswa, cara belajar, pemahaman siswa serta minat dan motivasi. Yang paling mempengaruhi adalah faktor intelejensi & bakat, pemahaman siswa serta minat dan motivasi. Faktor eksternal dalam penelitian ini adalah faktor lingkungan fisik, sekolah, dan lingkungan keluarga. Faktor eksternal yang paling mempengaruhi pembelajaran siswa secara online adalah faktor lingkungan fisik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Pembelajaran Daring, Problematika Pembelajaran, Strategi Adaptasi Pembelajaran
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 30 May 2022 07:56
Last Modified: 30 May 2022 07:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49824

Actions (login required)

View Item View Item