Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Video Dengan Mengunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru


Andi Mardiana Paduppai, 0101618010 (2022) Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Video Dengan Mengunakan E-Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of Disertasi Andi Mardiana P_ Setelah Sidang Terbuka - Nerru Pranuta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pendidikan dan pelatihan (diklat) di abad 21 dan era 4.0 membutuhkan inovasi dalam proses diklat, terutama di kondisi pandemic Covid-19 saat ini dimana segala kegiatan social dibatasi dan hanya bisa dilakukan melalui virtual. Kegiatan diklat secara virtual merupakan hal baru, terutama diklat pengembangan video pembelajaran berbasis e-learning. Tujuan penelitian ini adalah suatu manajemen diklat dalam pengembangan video pembelajaran berbasis e-learning untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar yang valid, efektif, dan praktis. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan 10 langkah Borg & Gall. Penelitian ini dilakukan di Dikmas Jawa tengah Se-Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen, angket dan tes. Teknik analisis data kualitatif menggunakan interactive analysis model sedangkan data kuantitatif menggunakan one sample t-test. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Model faktual manajemen diklat peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan; (2) Kontruksi desain model manajemen diklat pengembangan video pembelajaran berbasis e-learning untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar di PP PAUD dan DIKMAS Jawa Tengah; (3) Model manajemen diklat pengembangan video pembelajaran berbasis elearning untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar di PP PAUD dan DIKMAS Jawa Tengah layak digunakan; (4) model manajemen diklat pengembangan video pembelajaran berbasis e-learning untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar di PP PAUD dan DIKMAS Jawa Tengah efektif. Simpulan, dihasilkan suatu model manajemen diklat pengembangan video pembelajaran berbasis E-Learning untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar yang valid, efektif, dan praktis. Sebagai acuan dalam peningkatan kompetensi profesional yang harus dimiliki seorang pendidik. Rekomendasi perlunya dilakukan riset pengembangan selanjutnya terkait Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (DIKLAT) terutaman untuk meningkatkan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: diklat, video pembelajaran, kompetensi guru, E-Learning edmodo
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 27 May 2022 05:29
Last Modified: 27 May 2022 05:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49819

Actions (login required)

View Item View Item