Pembelajaran Kimia Lingkungan Berbasis Masalah Berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Religiusitas, dan Literasi Lingkungan Mahasiswa Calon Guru
Atik Rahmawati, 0402614010 (2022) Pembelajaran Kimia Lingkungan Berbasis Masalah Berkonteks Socio-Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Religiusitas, dan Literasi Lingkungan Mahasiswa Calon Guru. Doctoral thesis, UNNES.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Munculnya berbagai krisis lingkungan dan kemanusiaan di tengah-tengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memunculkan pertanyaan tentang bingkai keilmuan yang ada saat ini. Fenomena ini mengindikasikan masih adanya pemisahan yang tajam antara perkembangan sains dan nilai, yang berawal dari sistem pendidikan yang tidak terintegrasi. Perubahan revolusioner pada abad 21 juga menuntut pendidikan yang efektif, yang mampu mempersiapkan siswa dalam menghadapi berbagai tantangan yang terjadi dan mampu mengembangkan ketiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Keterampilan berpikir kritis sebagai salah satu keterampilan abad 21, literasi lingkungan menjadi sangat penting untuk diberdayakan dalam menjawab permasalahan lingkungan yang bersifat global. Penelitian ini dirancang dengan suatu model pembelajaran kimia berbasis masalah (PBL) berkonteks SSI yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, religiusitas, dan literasi lingkungan calon guru. Penelitian dilaksanakan menggunakan desain mixed-method dengan model Embedded Kongkuren. Penerapan model PBL-SSI terintegrasi nilai-nilai Islam dilaksanakan dengan sampel 34 mahasiswa, yang sedang menempuh mata kuliah kimia lingkungan. Untuk menguji efektivitas pembelajaran, sebelum dan setelah penerapan pembelajaran diukur keterampilan berpikir kritis, religiusitas, dan literasi lingkungan mahasiswa calon guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berkonteks SSI terintegrasi nilai-nilai Islam mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, religiusitas, dan literasi lingkungan. Peningkatan ketiga variabel pada kategori sedang. Religiusitas mahasiswa berkorelasi secara signifikan dengan literasi lingkungan dengan tingkat hubungan dalam kategori sedang. Terdapat pengaruh simultan yang signifikan dari religiusitas dan keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi lingkungan mahasiswa dengan tingkat hubungan dalam kategori sedang. Menurut penilaian mahasiswa,
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, berkonteks SSI, Integrasi Nilai Islam, Keterampilan Berpikir Kritis, Religiusitas, Literasi Lingkungan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 27 May 2022 05:24 |
Last Modified: | 27 May 2022 05:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49818 |
Actions (login required)
View Item |