Pengembangan Buku Pengayaan Membaca Kritis Bermuatan Nilai-Nilai Islam bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.


Oktarina Puspita Wardani, 0201614023 (2022) Pengembangan Buku Pengayaan Membaca Kritis Bermuatan Nilai-Nilai Islam bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of DISERTASI OKTARINA PUSPITA WARDANI - Oktarina Puspita Wardani., M.Pd.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Buku pengayaan membaca kritis masih sulit ditemukan. Buku yang digunakan dosen dan mahasiswa saat ini ialah buku teks membaca atau membaca kritis. Materi yang digunakan cenderung berisi teori sehingga belum banyak buku yang berisi latihan untuk meningkatkan keterampilan membaca kritis. Tujuan penelitian ini ialah (1) menganalisis karakteristik kebutuhan mahasiswa dan dosen, (2) merumuskan prinsip-prinsip, (3) menyusun protoripe dan (4) menguji keefektifan buku pengayaan membaca kritis bermuatan nilai-nilai Islam bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Data diperoleh dari tiga universitas, masing-masing Prodi Bahasa Indonesia berjumlah 35 mahasiswa dan tiga dosen. Sumber penelitian terdiri dari mahasiswa, dosen dan tiga ahli. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Intrumen penelitian menggunakan pedoman angket kebutuhan mahasiswa dan dosen, pedoman uji validitas dan pedoman tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen mampu menjadi buku pengayaan yang layak sesuai standar kelayakan buku. 2) Hasil karakteristik buku pengayaan membaca kritis bermuatan nilai Islam meliputi empat aspek, yaitu, (1) isi/materi, (2) penyajian, (3) kebahasaan dan (4) kegrafikan. 3) Prototipe buku pengayaan membaca kritis bemuatan nilai Islam bagi mahasiswa Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia diperoleh skor nilai dari validatori sebesar 89,67 dengan kategori sangat baik. 4) keefektifan buku pengayaan membaca kritis pada tes awal diperoleh sebesar 73,54, sedangkan nilai akhir diperoleh sebesar 80. Skor yang didapat mengalami kenaikan sebesar 6,78. Simpulan dalam penelitian ini ialah karakteristik buku pengayaan membaca kritis bermuatan nilai Islam meliputi empat aspek, yaitu 1) isi/materi, 2) penyajian, 3) kebahasaan dan 4) kegrafikan. Prinsip pengembangan buku pengayaan berdasarkan pringsip kelengkapan, kesesuaian, kecukupan, kemudahan, relevansi dan kebermanfaatan. Prototipe berupa buku pengayaan membaca kritis bermuatan nilai Islam dengan judul “Membaca Kritis Bermuatan Nilai Islam”. Keefektifan buku pengembangan membaca kritis bermuatan nilai Islam pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dinyatakan efektif dan layak. Oleh karena itu, buku pengayaan tersebut efektif dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, membaca kritis dan nilai-nilai islam
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 May 2022 18:34
Last Modified: 24 May 2022 18:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49810

Actions (login required)

View Item View Item