Model Pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Materi Senam Lantai dan Aktivitas Ritmik Bagi Peserta Didik SD Kelas Bawah dengan Pendekatan Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR)


CAHYO YUWONO, 0601616018 (2022) Model Pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Materi Senam Lantai dan Aktivitas Ritmik Bagi Peserta Didik SD Kelas Bawah dengan Pendekatan Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR). Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of Disertasi Cahyo Yuwono_wsd_File Lengkap - Redu Ben.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kebiasaan pembelajaran fisik cenderung berorientasi pada keterampilan saja. Dengan demikian, tujuan pokok penelitian ini ialah (1) mengembangkan pembelajaran penjasorkes dengan pendekatan TPSR; (2) mengetahui efek model pembelajaran penjasorkes materi senam lantai dan aktivitas ritmik bagi peserta didik sekolah dasar kelas bawah dengan pendekatan TPSR terhadap karakter siswa; (3) mengetahui sejauh mana model pembelajaran TPSR yang disajikan untuk pembelajaran; dan (4) mengetahui kelayakan model pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi senam lantai dan aktivitas ritmik bagi peserta didik sekolah dasar kelas bawah dengan pendekatan TPSR. Metode yang digunakan adalah Research And Development (RND). Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar di wilayah Kecamatan Gunungpati, Semarang. Seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian sebanyak 307 siswa. Namun, terdapat satu sekolah yang menggunakan sampel penelitian yaitu SD Negeri Plalangan 1 karena kelas bawah sekolah tersebut terdiri dari 3 rombongan belajar. Langkah-langkah yang digunakan mencakup analisis identifikasi kebutuhan, Forum Discussion Group, uji ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TPSR pada pembelajaran senam lantai dan aktivitas ritmik mampu meningkatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Berdasarkan uji keberartian diketahui bahwa penerapan pembelajaran TPSR berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Pada hasil uji kelayakan diketahui bahwa hasil pengembangan metode pembelajaran TPSR layak digunakan berdasarkan uji skala kecil maupun skala besar. Sebagaimana hasil penelitian dan pembahasan dapat simpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran senam lantai dan aktivitas ritmik dengan pendekatan TPSR dapat dilakukan dengan permainan. Hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: sikap, pengetahuan, keterampilan, TPSR, senam lantai, aktivitas ritmik
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 May 2022 18:19
Last Modified: 24 May 2022 18:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49808

Actions (login required)

View Item View Item